Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Arti Eksistensi Menurut KBBI? Ini Penjelasannya


Apa Arti Eksistensi Menurut KBBI? Ini Penjelasannya


Mungkin sering kita mendengar kata kata eksistensi bersebaran di berbagai media. Baik media cetak, maupun media televisi atau media penyiaran lainnya. Mungkin kita juga pernah menggunakannya dalam keseharian kita berbicara atau berkomunikasi. Tetapi tahukah kita apa arti dari eksistensi itu sendiri? Maka dari itu dalam artikel kali ini kita akan membahas tentang arti eksistensi menurut kamus besar bahasa indonesia atau KBBI penjelasannya beserta contoh soalnya.. Yuk kita simak penjelasan berikut sampai selesai.

Penjelasan Arti Eksistensi


Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) makna eksistensi adalah “hal berada atau keberadaan”. Kata ini merupakan kata benda dan pemenggalannya bisa ditulis EK.SIS.TEN.SI

contoh kalimat yang menggunakan kata berikut adalah:” Eksistensi Lembaga Anti Korupsi perlu dipertanyakan jika tidak mampu menyelesaikan masalah kasus korupsi”. Arti kalimat tersebut adalah Keberadaan lembaga anti korupsi perlu dipertanyakan jika kasus korupsi tidak bisa mereka selesaikan.

Contoh kalimat yang kedua menggunakan kata ini adalah sebagai berikut:” Eksistensi persepakbolaan indonesia bisa hilang jika PSSI tidak mampu menangani masalah internalnya”. Arti dari kalimat tersebut adalah PSSI jika tidak mampu menangani masalah internal organisasinya dapat menghilangkan keberadaan persepakbolaan Indonesia.

Pembahasan Lanjutan Makna Eksistensi


Eksistensi atau keberadaan berasal dari bahasa latin yaitu existere yang artinya muncul, ada, memiliki keberadaan aktual, timbul. Existere merupakan kata latin yang tersusun atas dua kata yaitu ex yang berarti keluar dan sistere yang berarti muncul atau tampil.

Makna luas untuk kata eksistensi adalah apapun yang memiliki aktualitas. Kemudian makna lainnya adalah segala sesuatu yang dialami dan menekankan bahwa sesuatu itu ada. Serta kesempurnaan.

Eksistensi selama ini menjadi bahan pemikiran para pemikir terkait kehidupan didunia. Diantara pemikir tersebut adalah plato, aristoteles, thomas aquinas. Beberapa teori modern pun sempat bermunculan menandakan kehausan manusia menjelaskan keberadaannya di dunia ini menghasilkan berbagai macam tafsir yang mungkin berbeda satu sama lain.

Beberapa Agama pun juga menjelaskan makna keberadaan manusia di dunia, tidak seperti para pemikir yang hanya mengandalkan logika, kadang agama membawa sesuatu yang tidak masuk dalam logika tetapi masih dalam koridor masing masing agama. Dan setiap pemikiran agama memang berbeda beda. Seperti dalam agama Islam yang menerangkan keberadaan manusia di muka bumi adalah untuk beribadah yang dalam arti luas beribadah tidak hanya ritual sholat, zakat puasa haji, melainkan menurut islam berbuat baik termasuk beribadah.

Penutup


Demikianlah pembahasan mengenai arti eksistensi beserta berbagai penjelasannya. Mudah mudahan informasi diatas bisa berguna bagi kita semua. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini bila dirasa diperlukan. Sekian dari kami kurang lebihnya mohon maaf dan terima kasih.

Referensi
KBBI

Posting Komentar untuk "Apa Arti Eksistensi Menurut KBBI? Ini Penjelasannya"