Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Promo Toko Baru

Promo Toko Baru
Promo Sepatu

Promo Toko Baru

Promo Toko Baru
Promo Baju Lengan Panjang

Apa Arti Bahasa Indonesianya “arti”? Ini Penjelasannya


Apa Arti Bahasa Indonesianya “arti”? Ini Penjelasannya


Selama ini kita sering mendengar penggunaan kata “arti” misalnya dalam mencari di internet oke google apa arti dari rekonsiliasi, arti dari estimasi adalah, arti dari permai adalah dan lain sebagainya. Tetapi tahukah kalian apa arti sesungguhnya kata “arti”, hehe walaupun agak sedikit membingungkan karena kita sering menggunakannya, tetapi untuk lebih jelasnya dalam artikel kali ini kita akan membahas arti kata “arti” dan penggunaannya dalam kalimat. Yuk disimak sampai habis

Pengertian kata “arti”


Menurut kamus bahasa indonesia atau KBBI arti adalah "maksud yang terkandung dalam perkataan atau kalimat serupa dengan kata makna". Yang kedua arti bisa juga "guna atau faedah".

Contoh kalimat penggunaan kata “arti” adalah sebagai berikut:”Apa arti dari tindakanmu yang merugikan banyak orang itu”. Dalam kalimat tersebut maknanya adalah apa maksud yang terkandung dari tindakanmu yang merugikan banyak orang itu.

Contoh kalimat penggunaan kata yang lainnya sebagai berikut:”Apa arti petunjuk lalu lintas tersebut”. Dalam kalimat ini serupa dengan makna apa maksud yang terkandung dalam petunjuk lalulintas tersebut. 

Turunan Kata “arti”


Turunan kata arti yang pertama adalah berarti yang memiliki makna "1. mengandung maksud 2. berfaedah atau berguna 3. sama artinya dengan atau sama halnya". Contoh penggunaan kalimatnya:”Jika dihukum guru tidak berarti dia membencimu” maknanya adalah jika dihukum guru tida sama halnya dia membencimu. Dan maknanya yang lain tergantung penggunaannya pada kalimat

Turunan kata arti yang kedua adalah Keberartian yang memiliki makna "perihal mempunyai arti". Contoh kalimat yang menggunakan kata ini adalah:”Pria itu sering menolong orang karena ingin menjadikan keberartian dalam hidupnya”. makna dari kalimat tersebut adalah pria itu menolong orang agar hidupnya mempunyai arti.

Kata turunan yang ketiga yaitu mengartikan yang memiliki makna 1. memberi arti atau 2. menerangkan maksud sesuatu. Contoh penggunaannya pada kalimat adalah:” tugas psikolog itu adalah mengartikan dibalik tindakan yang dilakukan penjahat tersebut”. Makna dari kalimat itu adalah Tugas psikolog itu menerangkan maksud tindakan yang dilakukan penjahat tersebut.

Kata turunan yang keempat adalah “artian” yang memiliki makna "tafsiran atau pengertian", kemudian yang kelima adalah “pengartian” yang memiliki makna "proses, cara atau perbuatan memberi arti". Dan terakhir kata turunan “searti” yang memiliki makna "sama artinya".

Penutup


Demikianlah makna “arti” yang bisa kami jelaskan. Semoga informasi diatas menjadi salah satu penambahan wawasan kita dan informasi yang berguna. Sekian dari kami kurang lebihnya mohon maaf terima kasih.

Referensi
KBBI

Posting Komentar untuk "Apa Arti Bahasa Indonesianya “arti”? Ini Penjelasannya"