Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aktivitas atau Aktifitas? Ini Penjelasannya


Aktivitas atau Aktifitas? Ini Penjelasannya


Mungkin kita sering mendengar dua kata diatas, baik dalam kehidupan sehari hari, pemberitaan di media massa baik media cetak atau media televisi, ataupun di berbagai macam tulisan yang kita baca. Tetapi tahukah kita mana yang benar penulisannya antara Aktivitas atau Aktifitas? Dan apa sebenarnya makna kata tersebut? Maka dari itu dalam artikel kali ini kita akan membahas perbedaan diantara kedua kata tersebut dan penjelasan maknanya. Yuk kita simak penjelasan berikut ini.

Kata Mana Yang Benar?


Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau biasa disingkat KBBI, diantara Aktivitas atau Aktifitas bentuk kata yang baku adalah “AKTIVITAS” (AK. TI. VI. TAS), dan bentuk kata yang tidak baku adalah “AKTIFITAS”(AK. TI. FI. TAS) menggunakan huruf “F”.

Dalam kamus besar indonesia, pengertian aktivitas adalah yang pertama “keaktifan atau kegiatan” dan yang kedua adalah “kerja atau salah satu kegiatan kerja yang dilaksanakan dalam tiap bagian di dalam perusahaan”.

Sedangkan Dalam kamus besar bahasa indonesia kata AktiFitas tidak memiliki arti karena merupakan salah satu kata yang tidak baku atau tidak benar dalam penggunaannya.

Kata turunan dari Aktivitas adalah Beraktivitas. Pengertian kata beraktivitas adalah melakukan aktivitas atau melakukan kegiatan. Kata ini termasuk kata kerja (pemenggalannya adalah Ber. Ak. Ti. Vi. Tas)



Contoh Kalimat 


Contoh Kalimat yang menggunakan pengertian aktivitas adalah :”Aktivitas saya hari ini adalah membersihkan rumah seperti menyapu, dan mencuci.”. Arti dari kalimat tersebut adalah Kegiatan “saya” hari ini adalah membersihkan rumah seperti menyapu dan mencuci.

Contoh kalimat kedua yang menggunakan pengertian aktivitas adalah :”Untuk menjaga pola hidup sehat sebaiknya setiap orang rutin melakukan aktivitas olahraga paling sedikit tiga kali seminggu”. Arti dari kalimat tersebut adalah setiap orang sebaiknya melakukan kegiatan olahraga paling sedikit tiga kali seminggu untuk menjaga pola hidup sehat.

Contoh kalimat yang ketiga adalah :” Seorang mahasiswa bernama Budi menjalani aktivitas sehari harinya dengan belajar di perpustakaan kampus”. Arti dari kalimat tersebut adalah “Budi” merupakan seorang mahasiswa yang menjalani kegiatan sehari harinya dengan belajar di perpustakaan kampus.



Contoh Penjelasan Gabungan Kata Aktivitas


Pengertian Aktivitas Bisnis adalah Aktivitas, kerja atau salah satu kegiatan kerja yang dilaksanakan dalam tiap bagian di dalam perusahaan yang berhubungan dengan usaha komersial dalam dunia perdagangan.

Istilah Aktivitas kebudayaan adalah aktivitas atau kegiatan manusia yang memiliki nilai budaya. Istilah ini biasanya digunakan dalam antropologi.

Istilah Aktivitas keseharian dalam psikologi adalah kegiatan untuk memenuhi kebutuhan dasar individu seperti makan, berpakaian, mandi, dan lain lain.

Pengertian Aktivitas fisik adalah gerakan tubuh yang dihasilkan oleh otot otot rangka yang membutuhkan energi. Contoh kalimatnya adalah :” Para Atlet melakukan aktivitas fisik yang berat sehingga membutuhkan asupan energi yang juga besar”

Istilah Aktivitas yang tak beraturan dalam olahraga adalah gerakan tubuh yang tidak diulang secara teratur seperti pada olahraga angkat berat.


Penutup


Sekian Artikel mengenai perbedaan Aktivitas atau aktifitas serta penjelasan maknanya. Semoga informasi diatas dapat menjadi ilmu yang berguna bagi kita dan memberikan wawasan serta pemahaman tentang kata tersebut. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini jika dirasa perlu. Sekian dari kami kurang lebihnya mohon maaf dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "Aktivitas atau Aktifitas? Ini Penjelasannya"