Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Promo Toko Baru

Promo Toko Baru
Promo Sepatu

Promo Toko Baru

Promo Toko Baru
Promo Baju Lengan Panjang

Pengertian Upload dan Download? Berikut Penjelasan lengkapnya

Pengertian Upload dan Download

Pengertian Upload dan Download? Berikut Penjelasan lengkapnya


Berbagai istilah dalam dunia komputer atau teknologi di zaman sekarang ini semakin berkembang dan kompleks. Hal tersebut karena perkembangan teknologi yang sangat cepat di beberapa dekade belakangan ini. Semenjak internet ditemukan beberapa fasilitas diberikan untuk memudahkan kehidupan manusia.
Dalam artikel kali ini kita akan mencoba membahas pengertian upload dan download. Karena pada saat ini kita sering mendengar dua istilah tersebut. Mengingat sekarang telah memasuki masa transisi revolusi industri 4.0 yang menuntut berbagai macam bidang kehidupan untuk masuk dalam sistem dunia maya. Pembahasan kali ini kita akan melihat dari pengertian beberapa sumber yang terpercaya serta beberapa pembahasan lainnya yang meliputi seputar dua istilah tersebut.

Pengertian Upload 


Upload Adalah proses memindahkan data termasuk berkas dokumen dalam berbagai macam tipe dari satu sistem komputer (termasuk berbagai perangkat gadget lain) ke dalam sistem yang lain melewati suatu jaringan yang terdiri dari berbagai macam gabungan kumpulan sistem yang lebih kecil. Metode yang umum untuk upload adalah melalui web browser, FTP client dan Terminal.

Berbagi file jarak jauh pertama kali membuahkan hasil pada januari 1978. pada saat itu para ahli membuat Program Sistem Buletin terkomputerisasi (CBBS). pengiriman file menggunakan FTP paling awal pada saat itu yaitu MODEM untuk mengirim file binari dan dapat diakses dari modem lainnya melalui nomer telefon. FTP ini kemudian di standarisasi pada tahun 1985. setelah itu transfer data menjadi semakin populer apalagi setelah World Wide Web pada tahun 1991 resmi diluncurkan ke publik.

Dalam Bahasa indonesia, upload dinamakan juga dengan unggah. Menurut badan pengembangan dan pembinaan bahasa kementrian pendidikan dan kebudayaan indonesia, Unggah adalah istilah dari bahasa jawa yang memiliki arti menaikkan sesuatu ke tempat yang lebih tinggi. Dan kemudian dari istilah tersebut dikembangkan menjadi memindahkan data dari perangkat penyimpanan atau media komputer yang lebih kecil ke komputer yang lebih besar.

Tipe tipe upload ada beberapa. Yang pertama, uploading client to server adalah proses pemindahan file lokal ke sistem jarak jauh menggunakan model klien dan server. Misal sebuah peramban memindahkan video dari website. Yang kedua, remote uploading adalah proses pemindahan data dari suatu sistem arak jauh kedalam sistem jarak jauh lain yang berada dalam kendali sistem lokal, hal ini digunakan saat sistem komputer lokal memiliki koneksi yang lambat ke sistem jarak jauh tetapi sistem ini memiliki kecepatan koneksi diantara mereka. Yang ke tiga, peer to peer (p2p) adalah model komunikasi desentralisasi yang setiap bagian memiliki kemampuan yang sama untuk memulai sesi komunikasi tidak seperti model server dan klien dimana memiliki fungsi yang berbeda oleh masing masing bagiannya.

Pengertian Download


Download adalah istilah pada jaringan komputer yang berarti aktifitas untuk menerima data dari sistem jarak jauh terutama sistem server seperti server peramban, FTP server, Email server atau sistem yang disetarakan. Aktifitas download berkebalikan dari upload sebagaimana yang telah kita jelaskan sebelumnya. 

Download dalam bahasa indonesia dinamakan unduh. Berasal dari bahasa jawa yang berarti menjolok atau memanen. Setelah itu maknanya disesuaikan dengan aktifitas di internet menjadi memindahkan data dari sistem komputer atau perangkat elektronik lainnya yang lebih besar ke perangkat penyimpanan pada sistem komputer lain yang lebih kecil.

Dalam aktifitas download atau mengunduh, proses yang terlibat biasanya menggunakan linking atau pranalar dan framing material di internet. Pranalar adalah sebuah acuan dari suatu dokumen yang menuju ke acuan lain dari dokumen pada suatu sistem yang lain, hal tersebut bisa disamakan sebagai bentuk kutipan atau referensi dari karya ilmiah. Sedangkan framing adalah istilah dari peramban web untuk merujuk pada bagian halaman web yang menampilkan konten secara independen.

Pada saat men donwload atau meng unduh file berkas tertentu pada zaman awal kemunculan internet, maka file yang dalam proses download tidak bisa dihentikan atau di jeda. Hal tersebut memberikan efek negatif terutama saat mendownload file berukuran besar. Pada tahun 1997 Transfer File menjadi lebih baik dengan memberikan fasilitas pengguna untuk melanjutkan file yang sedang di download atau di unduh.

Beberapa perangkat lunak untuk membantu aktifitas mengunduh dinamakan sebagai download manager. Beberapa software tersebut adalah Internet Download Manager, Freemake Video Downloader, Orbit Downloader dan lain sebagainya.

Masalah Hak Cipta 


Permasalahan saat diberikan kebebasan upload dan download adalah terkait hak cipta. Karena produk digital di internet bisa dengan mudah di upload atau di download tanpa ada halangan. Untuk itulah ada lembaga yang mengatur hal ini dan akan menghapus beberapa file yang mungkin melanggar hak cipta atau di upload tanpa izin pemilik asli. Walaupun tidak kesemua file file illegal bisa di lucuti karena banyaknya dan dengan frekuensi file di internet. Beberapa contoh file file illegal yang sering di unduh dan unggah adalah file lagu, file film, file permainan dan berbagai dokumen atau file lainnya. 

Berbagai Istilah Pendukung


Berikut ini beberapa penjelasan terkait istilah seputar pengertian download dan upload sebagaimana penjelasan diatas.

Web browser atau dalam bahasa indonesianya peramban web adalah suatu aplikasi jaringan lunak yang digunakan untuk mengakses informasi dari World Wide Web jaringan internet. Ketika suatu penggua meminta halaman web dari sistus web tertentu, maka web browser mengambil konten yang penting dari server web untuk kemudian ditampilkan pada layar. 

FTP adalah singkatan dari File Transfer Protocol yang merupakan protokol jaringan standar yang digunakan untuk memindahkan suatu data atau berkas dari suatu komputer ke komputer lain (atau perangkat elektronik yang serupa) dalam jaringan komputer berisi klien dan server. Server sendiri adalah penyedia layanan atau jasa jaringan dan klien adalah pengguna yang meminta layanan jaringan tersebut. FTP dalam bahasa indonesia adalah protokol pengiriman berkas.

Terminal Komputer adalah sebuah perangkat elektronik atau perangkat keras listrik mekanik yang bisa digunakan untuk memasukan data, menampilkan data, membuat keluaran data dari suatu sistem komputer atau sistem elektronik yang disetarakan 

Bandwith adalah sebuah istilah di perkomputeran yang menampilkan laju maksimum dari proses pemindahan data sepanjang jalur yang dilewati (atau di berikan). Bandwith bisa disebut juga sebagai Jaringan Bandwith, Data Bandwith atau Digital Bandwith. Biasanya digunakan saat proses upload atau unduh.

Berbagi Berkas atau File Sharing adalah aktifitas menyebarkan atau memberikan akses kepada berbagai macam jenis media jenis digital seperti perangkat lunak komputer, dan multimedia dalam audio, gambar, atau video.

Media Digital atau Digital Media adalah bentuk komunikasi untuk menyampaikan informasi data yang sebelumnya telah dijadikan dalam bentuk kode kode tertentu yang bisa dibaca mesin untuk ditampilkan dalam format tertentu. Media digital adalah salah satu informasi yang sering di upload atau download dalam jaringan internet.

Sideloading adalah sebuah istilah internet yang mirip dengan proses upload atau download tetapi dalam proses referensinya melakukan pemindahan file diantara dua perangkat lokal sebagai contoh diantara komputer, handphone, tablet, dan berbagai perangkat lain yang disetarakan.

Penutup


Demikianlah artikel tentang Pengertian download dan upload yang bisa kami jelaskan, semoga artikel ini bisa memberikan informasi dan pemahaman yang lebih baik. Kurang lebihnya mohon maaf sekian dan terimakasih..

Daftar Pustaka




Posting Komentar untuk "Pengertian Upload dan Download? Berikut Penjelasan lengkapnya"