Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Promo Toko Baru

Promo Toko Baru
Promo Sepatu

Promo Toko Baru

Promo Toko Baru
Promo Baju Lengan Panjang

Pengertian Arti Konversi Beserta Penjelasannya

Apa Arti Konversi

Pengertian Arti Konversi Beserta Penjelasannya


Kata konversi mungkin sering terlintas di kepala kita, dalam suatu percakapan, dalam suatu berita yang muncul di media massa, ataupun dalam suatu karya tulis ilmiah. Tetapi tahukah kita pengertian dari kata tersebut? Untuk itu dalam artikel ini kita akan membahas arti konversi beserta pengertian dari istilah tersebut

Pengertian Arti Konversi


Menurut kamus besar bahasa indonesia (KBBI) Konversi adalah perubahan dari suatu sistem pengetahuan ke sistem yang lain. Pengertian kedua adalah perubahan pemilikan atas suatu benda, tanah dan sebgainya. Pengertian ke tiga adalah perubahan dari satu bentuk (rupa, dan sebagainya) ke bentuk (rupa, dan sebagainya) yang lain. Tentu saja penggunaan arti kata konversi tersebut sesuai dengan kalimat latar belakangnya. Karena jika konteks kalimat berbeda, maka makna dari kata konversi itu bisa berbeda.

Kata turunan dari kata konversi adalah mengonversikan yang sama artinya dengan menukar atau mengubah. Turunan lainnya adalah “Dikonversi”, “Mengonversi”, dan “Terkonversi”. Mengonversikan merupakan kata kerja sedangkan kata konversi merupakan kata benda atau nomina

Pembahasan Lanjutan


Konversi menurut kamus Cambridge adalah 1 proses mengubah sesuatu dari bentuk awal ke bentuk lainnya. 2 proses ketika seseorang mengubah keyakinannya ke keyakinan agama yang baru. 3 Tempat tinggal yang berubah tempat dari tujuan fungsi awalnya

Berbagai Istilah Mengenai Konversi


Konversi Satuan adalah pengubahan nilai dari suatu satuan ke satuan lain dari sistem satu ke sistem yang lain tanpa mengubah nilai besaran aslinya. Dalam konversi satuan, dibutuhkan faktor konversi yang digunakan untuk mengubah satuan tanpa memberikan perubahan kepada besaran awalnya. Misal 36 kilometer per jam di ubah satuannya menjadi meter per sekon. Maka nilai kilometer di rubah menjadi meter dan jam dirubah menjadi sekon. Menghasilkan satuan akhir 10 meter per detik. Nilai 36 km/jam dengan nilai 10 m/s adalah sama.

Konversi Data adalah kata yang digunakan dalam ilmu komputer yang berarti mengubah data komputer dari suatu bentuk atau format kedalam bentuk atau format yang lain. Perubahan ini bisa terjadi dalam berbagai macam cara dalam lingkungan komputer yang ada.

Konversi Kode adalah kata yang digunakan dalam bidang telekomunikasi yang berarti mengubah suatu sinyal atau sekelompok sinyal dalam satu kode menjadi sinyal yang sesuai atau sekelompok sinyal dalam bentuk kode yang lain. Makna lainnya adalah sebuah proses untuk mengubah suatu kode dari beberapa struktur bit yang telah ditentukan menuju kode lain dengan jumlah bit per karakter interfal yang sama atau berbeda.

Corong Konversi adalah istilah yang digunakan dalam dunia e-commerce yang berarti suatu proses penjelajahan yang didapatkan pelanggan melalui iklan di internet atau sistem pencarian mengarahkannya pada peramban e-commerce sehingga bisa menjadikannya membeli suatu produk

Konversi Pemasaran adalah istilah dalam dunia marketing yang memiliki makna pemasaran yang bertujuan untuk meningkatkan penjualan dari kunjungan. Tingkat keberhasilan konversi suatu pemasaran dinamakan tingkat konversi atau conversion rate.

Istilah Konversi dalam dunia keuangan memiliki arti mengubah uang dengan nilai mata uang tertentu ke mata uang jenis lain. Tempat proses ini terjadi biasanya disebut dengan Forex atau pasar mata uang. Dalam islam proses pengubahan mata uang untuk tujuan mendapatkan keuntungan belum diperbolehkan tetapi jika mengubah mata uang tanpa tujuan tersebut masih diperbolehkan. Untuk itu bisa menyimak situs resmi MUI. Karena beberapa perusahaan kadang sengaja memutar balikan fakta bahwa Perdagangan mata uang adalah Halal dalam islam padahal hanya mengubah mata uang saja yang halal bukan memperdagangkan.

Konversi Ekonomi adalah proses teknis, proses ekonomi, dan proses politis untuk mengubah dari bentuk militer ke bentuk pasar warga sipil. Jadi bisa disimpulkan bahwa suatu bentuk orientasi ke militer menjadi orientasi warga sipil. Salah satu kosekuensinya adalah dipotongnya anggaran militer

Konversi Energi adalah peristiwa berubahnya suatu bentuk energi menjadi bentuk energi lain. Misalnya energi listrik berubah menjadi energi panas pada setrika atau energi gerak mekanis berubah menjadi energi listrik pada pembangkit listrik.

Konversi Internal dalam bidang Fisika adalah istilah untuk proses peluruhan radioaktif yang nukleusnya tereksitasi berinteraksi secara elektromagnetik dengan salah satu elektron orbital atom, sehingga elektron terpancarkan atau dikeluarkan dari atom. Pada proses konversi internal elektron berenergi tinggi dikeluarkan dari atom radioaktif tetapi tidak dari nukleusnya.

Konversi Internal dalam bidang kimia berarti perubahan transisi dari tingkatan listrik tinggi ke tingkatan yang lebih rendah pada sebuah molekul atau pada sebuah atom. Kadang proses ini disebut juga dengan deeksitasi tanpa radiasi.

Penutup


Demikianlah penjelasan mengenai arti konversi beserta beberapa penjelasan pendukung lainnya. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang berguna dan menambah wawasan bagi kita semua. Kurang lebihnya mohon maaf sekian dan terima kasih.

Daftar Pustaka:

Posting Komentar untuk "Pengertian Arti Konversi Beserta Penjelasannya"