Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Promo Toko Baru

Promo Toko Baru
Promo Sepatu

Promo Toko Baru

Promo Toko Baru
Promo Baju Lengan Panjang

Pengertian Arti Anonim, Beserta Penjelasan Lengkapnya

Contoh Anonim

Pengertian Arti Anonim, Beserta Penjelasan Lengkapnya

Beberapa kata yang mungkin sering kita dengar saat membaca karya tulis yang telah di publikasikan antara lain adalah kata “Anonim”. Kata ini biasanya dapat ditemukan pada bagian penulis dan dituliskan pada beberapa karya. Sebenarnya apa arti anonim? Dan kenapa digunakan pada bagian informasi penulis suatu karya tulis ataupun karya lainnya. Dalam artikel ini kita akan membahas arti Anonim, pengertian Anonim dan penjelasannya


Pengertian Anonim 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau disingkat KBBI Anonim adalah kata benda yang memiliki arti “tanpa nama, tidak beridentitas, awanama” dan arti yang kedua adalah “tidak ada penandatangannya”. Kata Anonim sering digunakan kepada orang orang yang informasi dirinya tidak ingin diketahui oleh publik atau orang lain. Karena mungkin saja ingin melindungi privasinya dari orang lain atau bisa menjadi ancaman bagi dirinya jika karyanya meyinggung seseorang atau sekelompok orang. 

Seseorang yang menggunakan kata anonim adalah seseorang yang secara sadar berusaha sepenuh nya terhindar dari efek hasil karya yang dipublikasikan atau ditampilkan. Entah itu dalam arti negatif atau dalam arti positif. Entah efek karyanya akan menjadikan dirinya tenar atau terkenal atau bahkan menjadikan dirinya dibenci atau bahkan diancam oleh masyarakat umum. Sebagai catatan perlu dibedakan dengan kata “antonim” karena kata ini hampir sama tulisannya hanya beda satu huruf.

Contoh penggunaan kalimatnya adalah sebagai berikut:” Seseorang jurnalis telah mempublikasikan karya nya di media cetak dengan mencantumkan nama dirinya sebagai anonim untuk menjaga privasi diri dan keluarganya” dalam kalimat tersebut maknanya adalah “tanpa nama atau tidak beridentitas”.

Contoh penggunaannya pada kalimat lain adalah sebagai berikut:” Dokumen itu ditulis di tengah perundingan genjatan senjata, dan tidak bisa disahkan karena anonim” dalam kalimat tersebut maknanya adalah “tidak ada penandatanganannya”.

Anonimitas juga mendeskipsikan situasi yang seseorang tersebut berusaha menjaga identitasnya tertutup atau rahasia. Seperti saat melakukan demonstrasi menggunakan masker atau topeng sehingga menjadi tidak dikenal atau tidak diketahui siapa sebenarnya orang tersebut.

Tetapi hasil karya jurnalistik ataupun karya tulis lainnya yang berbobot ilmiah bisa kehilangan kepercayaannya jika penulis enggan mencantumkan nama aslinya dan memilih anonim. Karena jika seseorang penulis tersebut dapat menunjukan informasi dan latar belakang pendidikan atau pengalamannya dan ada hubungannya dengan karya yang ia tulis, tentu saja karya yang ia buat bisa meningkatkan kepercayaan publik

Pembahasan Lanjutan

Dalam Bidang Perdagangan Anonim artinya melakukan transaksi bisnis tanpa menampilkan informasi pribadi karena tujuan melindungi privasi dari pembeli. Sang pembeli kadang lebih memilih untuk menggunakan uang tunai dalam barang barang sehari hari, mencegah penjual mendapatkan informasi pembeli yang mungkin bisa disalahgunakan seperti nama orang, nomer telepon, alamat rumah dan lain sebagainya. Selain itu dalam hal negatif, transaksi anonim bisa mencegah polisi mencari indentitas pembeli barang barang yang ilegal.

Dalam bidang sosial, menyumbang dengan nama anonim artinya seseorang memberikan sumbangan berupa barang, uang atau fasilitas lainnya dengan tanpa menyebutkan informasi identitas sang donatur kepada yayasan, seseorang atau kelompok masyarakat yang membutuhkan. Hal tersebut terjadi salah satu faktornya adalah tujuan etis dan atau religius atau agar informasi tersebut tidak disalahgunakan seperti pemerasan.

Dalam bidang jurnalistik anonim menyebutkan keyakinan bahwa seseorang penulis akan mampu “berbicara” atau menyampaikan pendapatnya dengan baik dan apa adanya jika diperbolehkan menggunakan penerbit anonim atau tanpa nama sebagai mana yang disebutkan oleh “Guardian”. selain itu hal tersebut juga berguna apabila penulis memiliki niatan melaporkan kejahatan dan menyampaikan laporan mereka di media massa.

Dalam dunia internet, akun anonim artinya seseorang pengguna internet melakukan aktifitas penjelajahan dan bersosialisasi atau aktifitas lainnya tanpa memperlihatkan alamat IP dari perangkat elektronik yang digunakan untuk mengakses peramban. Hal tersebut dalam hal negatif bisa menyebabkan banyak kejahatan siber yang leluasa melakukan transaksi ilegal seperti narkoba atau prostitusi dalam media sosial internet.

Psedonim adalah nama samaran yang digunakan oleh pembuat karya, berbeda dengan anonim yang tidak memberikan informasi apapun, kadang psedonim memiliki nama samaran yang bisa sama dengan nama asli seseorang lainnya tetapi hal itu sangat minim. Contoh pseudonim yang terkenal adalah Mark Twain atas nama aslinya Samuel Langhorne Clemens. Bisa saja sang penulis ingin melindungi identitas dirinya untuk menjaga privasinya sendiri beserta keluarganya.

Privasi atau kerahasiaan pribadi adalah kemampuan diri untuk menjaga secara terbatas informasi seputar dirinya. Bisa jadi informasi seputar dirinya adalah sensitif atau bisa menjadi masalah keamanan bila diketahui oleh kalangan umum. Salah satu faktor seseorang menjaga privasinya adalah untuk menghindari bisnis pencurian identitas atau pencurian informasi pribadi. Selain itu pada tahun 1890 Amerika Serikat seseorang ahli hukum mengatakan privasi adalah hak untuk sendiri.

Daftar Pustaka

https://kbbi.web.id/anonim

https://en.wikipedia.org/wiki/Anonymity

Posting Komentar untuk "Pengertian Arti Anonim, Beserta Penjelasan Lengkapnya"