Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Arti Streaming Adalah? Berikut Penjelasan Lengkapnya

Mencari arti Streaming


Arti Streaming Adalah? Berikut Penjelasan Lengkapnya


Di Era kemajuan teknologi seperti sekarang ini banyak istilah istilah dunia maya yang sering kita dengar. Salah satunya istilah streaming, yang kata ini sering kita dengar saat ingin melihat video di internet. Selain itu beberapa tokoh dunia maya juga dijumpai pernah menggunakan kata streaming ini dan melakukannya. Tetapi yang perlu kita tahu apa sebenarnya arti kata streaming? Dan apa saja yang dilakukan oleh orang yang melakukan kegiatan tersebut? Dalam artikel kali ini kita akan mencoba untuk membahas pengertian dari arti streaming, penjelasannya serta berbagai hal yang melingkupi kata tersebut. Berikut ini adalah penjelasannya:

Pengertian Streaming


Menurut Kamus Cambridge, dalam dunia Internet Arti kata Streaming adalah suatu aktifitas mendengarkan suara atau menonton video langsung dari internet. Contoh kalimatnya adalah “Saluran TV olahraga ABC sekarang memiliki Streaming langsung secara gratis untuk perangkat telepon pintar anda”.

Makna berikutnya, streaming adalah memainkan secara terus menerus dari suatu suara atau gambar yang bergerak dan dikirimkan pada saluran langsung dari suatu internet menuju suatu komputer. Contoh kalimatnya adalah “Telepon Pintar genggam baru miliki pak Joko menerima streaming video”

Makna berikutnya, streaming adalah sebuah aktifitas mengirim suara (lagu atau musik dan yang disetarakan) atau video menuju suatu komputer, perangkat telepon genggam, dan lain perangkat elektronik lainnya secara langsung dari internet sehingga tidak perlu untuk mengunduh (mendownload) atau menyimpannya terlebih dahulu. Contoh kalimatnya adalah “Kamu bisa menonton siaran streaming langsung dari layanan interaktif dari website kami”

Menurut Kamus Merriam-webster, Dalam Dunia internet arti kata streaming adalah sebuah tindakan atau proses atau juga kejadian untuk melakukan siaran data atau mengakses suatu data yang dialirkan. Aliran dalam kata diatas maksudnya hampir sama dengan siaran.

Karena Streaming bukan asli dalam bahasa Indonesia, menjadikannya harus di cari persamaan kata yang tepat untuk mengganti kata Streaming kedalam bahasa indonesia. Salah satu persamaan kata yang tepat untuk mengartikan kata streaming adalah “penyiaran atau siaran”

Siaran berasal dari kata dasar siar, Menurut Kamus besar bahasa indonesia siar adalah 1. meratakan kemana mana 2. memberitahukan kepada umum melalui radio surat kabar atau sebagainya, mengumumkan berita dan sebagainya 3. Menyebarkan atau mempropagandakan 4. Menerbitkan dan menjual 5. memancarkan 6. mengirimkan melalui radio.

Sedangkan kata siaran menurut KBBI adalah sesuatu yang disiarkan dalam berbagai arti. Kata ini termasuk kata benda demikian juga dengan kata siar. Orang yang melakukan siaran adalah penyiar dan proses atau cara atau perbuatan menyiarkan disebut juga penyiaran. tetapi istilah ini masih sering dianggap oleh masyarakat terbatas hanya pada radio atau televisi.



Pembahasan Lanjutan Mengenai Streaming


Istilah Live Streaming atau Streaming Langsung adalah proses menyebarkan atau merekam  media streaming online atau penyiaran daring untuk secara serentak. Istilah ini juga sama dikenal dengan sebutan streaming saja. Jasa siaran daring ini memiliki berbagai macam topik mulai dari sosial media, olahraga profesional, hingga video games atau permainan video. 

Tantangan untuk melakukan siaran konten internet diantaranya adalah pengguna yang memiliki kecepatan atau kualitas internet yang terbatas. Hal tersebut bisa menyebabkan pengguna atau penikmat streaming mengalami video yang lambat, patah patah, atau terhenti.

Beberapa penyedia jasa layanan siaran daring langsung adalah Netflix, Hulu, Prime Video, Youtube dan lainnya. Beberapa penyedia jasa layanan ini kadang meminta syarat pendaftaran kepada pengguna dengan membayar sejumlah uang secara bulanan atau tahunan untuk bisa menikmati akses kedalam layanan.

Istilah Streaming yang digunakan dalam bidang internet pertama kali dipakai untuk pita penyimpanan data yang dibuat oleh perusahaan Data Electronic Inc yang dimaksudkan untuk lambat laun menurunkan biaya penyimpanan. Tetapi istilah Streaming yang lebih akrab makna nya hingga saat ini dimulai pada awal tahun 1990 an yang streaming berarti merujuk pada video on demand dan kemudian menjadi video langsung pada jaringan IP.

Sejarah Streaming


Sejarah pertama dari streaming bisa dikatakan dimulai pada awal tahun 1920 an. Seorang inovator bernama George O. Squier telah mematenkan suatu sistem transmisi dan distribusi dari suatu sinyal dengan menggunakan kabel listrik, yang menjadi sebuah teknologi streaming musik secara terus menerus untuk pelanggan komersil tanpa menggunakan radio. Sejak saat itu perkembangan streaming menjadi melambat dan tidak ada lagi trobosan lainnya yang berarti. Hal tersebut salah satunya karena biaya yang mahal dan keterbatasan teknologi yang tersedia pada saat itu.

Kemudian pada akhir tahun 1980 an hingga 1990 an komputer semakin bisa dijangkau oleh kalangan masyarakat dan memiliki kemampuan perangkat keras yang mampu menampilkan berbagai macam media didalamnya. Walaupun disamping itu kekuatan CPU dan kecepatan lebar pita internet masih sangat terbatas. Setelah perkembangan teknologi tersebut tepatnya 1990 an keatas, kecepatan internet menjadi semakin cepat dan menjadikan streaming audio bisa dimungkinkan dilakukan walaupun belum se efektif dan se efisien pada jaman modern saat ini.

Pada tahun 1995, peneliti perusahaan Microsoft mengembangkan aplikasi Microsoft TV yang tergabung dalam Microsoft Windows Studio Suite. Lalu kemudian perusahaan RealNetwork melakukan trobosan dengan menyiarkan secara luas pertandingan Baseball antara New York Yankees dan Seattle Mariners melalui jaringan internet pada tahun 1995. Konser Simponi dengan streaming lansung internet juga menjadi salah satu acara yang pertama kali di streaming kan di dunia maya dengan berkolaborasi antara Seattle Symphony dan beberapa musisi lainnya. Kegiatan simponi online tersebut diadakan pada tanggal 10 November pada tahun 1995.

Sampai beberapa dekade belakangan ini, salah satu industri yang paling terdampak dengan meningkatnya tren Streamingmedia adalah industri DVD. Industri DVD ini semakin berkurang peminatnya seiring dengan berkembangnya minat masyarakat akan media Streaming. Penyewaan DVD untuk berbagai macam film mulai tergantikan. Contoh lainnya adalah streaming musik atau lagu yang menggantikan DVD album musik yang ada.

Pada tahun 2015 live streaming atau siaran daring langsung untuk video game mulai meningkat kepopularitasannya yang salah satu faktornya adalah beberapa penyedia jasa streaming mulai meluncurkan topik yang terkait seperti Youtube yang meluncurkan Youtube Gaming. Hingga saat itu beberapa game menjadi lebih populer dan streaming pertandingan kejuaraan game juga menjadi lebih banyak.

Beberapa Istilah Seputar Streaming


Protokol Internet atau Internet Protocol disingkat IP adalah seperangkat peraturan atau prosedur untuk mengirimkan data antara perangkat elektronik dengan lapsan jaringan yang digunakan Oleh pengendali utama TCP/IP untuk membuat alamat antar host di jaringan komputer.

Alamat Internet Protokol adalah label atau penamaan numerik yang ditetapkan untuk setiap perangkat elektronik yang dapat terhubung pada jaringan komputer. Alamat IP memiliki fungsi sebagai identifikasi antar muka jaringan dan pemberian alamt lokasi

CPU adalah singkatan dari central processing unit yang dalam bahasa indonesianya menjadi Unit pemroses sentral (UPS). CPU adalah perangkat keras komputer yang bisa melakukan perintah dan memahami data dari perangkat lunak. Jadi sebagai pengolah data atau pemberian perintah.

Lebar pita atau bahasa inggrisnya adalah bandwidth adalah salah satu istilah dalam teknologi komunikasi yang memberikan perbedaan antara rentang frekuensi terendah dan frekuensi tertinggi yang digunakan sebagai medium melakukan transmisi sinyal. Sedangkan lebar pita dalam ilmu komputer adalah suatu perhitungan dalam ketersediaan konsumsi data pada komunikasi jarak jauh dengan satuanya bit per detik.

Penutup


Demikianlah pengertian arti kata Streaming dan berbagai penjelasan seputar istilah tersebut. Semoga informasi diatas menjadi salah satu sumber referensi dan menambah pemahaman kita terkait istilah Streaming. Sekian, kurang lebihnya mohon dimaafkan terima kasih.

Daftar Pustaka

Posting Komentar untuk "Arti Streaming Adalah? Berikut Penjelasan Lengkapnya"