Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa yang dimaksud dengan Clickbait? Berikut Penjelasannya


Apa yang dimaksud dengan Clickbait? Berikut Penjelasannya


Perkembangan kemajuan teknologi informasi pada saat ini telah mencapai salah satu titik tertinggi sepanjnag sejarah manusia, karena inovasi teknologi informasi yang ada mampu meningkatkan efisiensi manusia. Terutama setelah munculnya istilah era revolusi industri 4.0 yang menandakan kebangkitan dunia maya sebagai salah satu kunci mengefisienkan kinerja para pelaku industri. 

Salah satu kata yang sering kita dengar saat menjelajahi dunia maya adalah kata clickbait atau umpan klik. Kata kata ini biasanya sering kita dengar di peramban pencarian, ataupun media sosial. Sebenarnya apa itu clickbait dan apa pengertiannya? Dalam artikel ini kita akan mencoba membahas mengenai arti kata clickbait atau umpan balik beserta penjelasannya.

Pengertian clickbait


Dalam dunia maya istilah Clickbait adalah suatu bentuk tindakan memancing orang orang atau pengguna untuk mengunjungi situs dengan melakukan pengumuman, penampilan, iklan yang bersifat memancing serta melebih lebihkan yang sebenarnya berisi informasi atau fakta yang tidak jelas sumbernya atau tidak benar buktinya. Iklan, pengumuman atau selebaran digital tersebut sengaja dibuat pembuat iklan atau pelaku untuk menimbulkan ketertarikan atas ketidak percayaan pengguna internet lain akan tulisan atau berita tersebut sehingga mengakibatkan pengguna mengunjungi sumber berita palsu tersebut yang terletak dari situs lain yang ada diinternet/

Judul umpan klik atau clickbait ini berisi tulisan yang mengguggah rasa penasaran masyarakat sebagai tujuan utama mereka. Tetapi perbedaan dengan artikel dengan judul lainnya adalah, artikel clickbait ini tidak memiliki informasi yang lengkap, hanya sebagian, dan tanpa sumber bukti yang jelas. Judul yang dibuat para pelaku clickbait biasanya membuat penasaran masyarakat pengguna internet dengan tulisan sepenggal penggal yang tidak bisa disimpulkan dalam sekali baca pada judul tulisan tersebut, menjadikan rasa penasaran untuk meklik situs atau link artikel pelaku.

Bisa dikatakan bahwa judul yang ada pada konten atau artikel clickbait adalah bersifat “menipu”. kata kata pada judul artikel konten ini dibuat se wah mungkin dan dengan gaya bahasa seakan akan benar dilihat dari susunan dan pemilihan katanya padahal sebenarnya konten tersebut memiliki informasi yang tidak benar. Biasanya judul ini akan dibuat untuk menampilkan sesuatu yang tidak mainstream atau tulisan yang bertentangan dengan pengetahuan umum yang ada di tengah masyarakat

Daya tarik utama dalam artikel clickbait ini adalah dari judul konten. Walaupun sebenarnya isi artikel atau karya yang dibuat sama sekali tidak membahas judul atau sebagian kecil membahas judul yang ada. Selain itu konten judul clickbait yang biasanya sama dengan isinya bisa sangat diragukan karena menggunakan sumber referensi yang salah atau masih diragukan kebenarannya. Seperti hanya menggunakan sebagian atau potongan kecil fakta sesungguhnya dari suatu penelitian, fakta berita, dan lain sebagainya.

Beberapa pendapat berbeda disampaikan jika clickbait atau umpan klik tidak dilakukan dengan tujuan memeras pengguna internet atau mengekploitasinya. Seperti salah satu contoh clickbait untuk tujuan menghibur atau hiburan, maka hal tersebut tidak termasuk clickbait. Tetapi opini penulis menyatakan bahwa clickbait dalam tujuan apapun tidak dibenarkan karena masih belum ada regulasi yang mengatur serta mengawasi apakah suatu konten atau artikel atau berita clickbait tersebut merupakan dalam kategori humor atau asli. Untuk itu maka clickbait dalam bentuk apapun termasuk tidak etis dan membuang buang waktu.

Clcikbait merupakan salah satu fenomena dunia maya yang tampaknya masih akan terus berlanjut untuk beberapa saat, karena pengawasan dan pelaporan artikel semacam ini masih kurang masif dan kurang bisa menjangkau semua bagian. Selain itu tampaknya salah satu cara mengurangi efek negatif dari beredarnya artikel clickbait ini dengan membuat tandingan konten atau artikel untuk menjawab fakta konten clickbait atau tergantung tingkat pengetahuan dan kesadaran masyarakat pengguna internet.

Clickbait saat ini mudah beredar ditengah masyarakat dengan melalui media sosial karena biasanya masyarakat media sosial dimudahkan untuk menyebar suatu berita apapun. Selain itu kemampuan masyarakat dalam menyaring informasi tidak semuanya sama. Sehingga beberapa kalangan masyarakat yang terbawa judul clickbait dan kontennya tidak melakukan pencarian fakta ulang terkait berita yang beredar.

Istilah Serupa Clickbait atau Umpan Klik


Sebelum tahun internet terkenal dan digunakan oleh berbagai kalangan di dunia, telah muncul istilah clickbait. Pada zaman dahulu, beberapa penjual melakukan beberapa “trik” marketing atau pemasaran yang mirip dengan istilah clickbait pada masa sekarang hanya saja trik ini dilakukan berhadap hadapan dengan pembeli. Trik pemasaran yang mirip clickbait ini sama sifatnya dalam hal menipu masyarakat, dan dikenal pada zaman dulu dengan istilah bait and switch. Pada penipuan pemasaran ini, pelaku atau pedagang seakan akan melakukan pengumuman atas suatu keunggulan produk atau layanan yang diberikan seperti diskon dengan potongan harga dan semacamnya. Saat orang berbondong bondong datang ke tempat yang dimaksud ternyata harga, fakta, atau informasi yang telah diberikan sebelumya tidak benar adanya atau bahkan telah dirubah dan tidak sesuai fakta

Tujuan Clickbait dan Penggunaannya


Tujuan dari clickbait adalah untuk mendapatkan kunjungan pengguna internet kedalam situs pelaku yang membuat. Jika mereka mendapatkan kunjungan atau trafik dari pengguna internet maka situs para pelaku menjadi lebih terkenal dan mendapat kunjungan lebih banyak dari berita situs mereka yang dibagikan secara spontan oleh pengunjung. Selain itu isi atau iklan yang dilihat dari pengguna akan bisa dikonversi menjadi uang jika situs tersebut memberikan keleluasaan pihak ketiga untuk menampilkan iklan. Salah satu mekanismenya adalah pengunjung menekan iklan pihak ke tiga dari artikel clickbait. Semakin banyak pengunjung yang menekan iklan tersebut maka situs clickbait juga akan medapatkan komisi. 

Tidak sedikit juga beberapa situs clickbait digunakan sebagai salah satu cara untuk menyebarkan file atau berkas yang berbahaya seperti berisi virus. Dan beberapa kasus bisa dimungkinkan situs mencuri informasi pengunjung internet tanpa disadari pengguna saat menekan iklan atau judul di situs clickbait mereka

Untuk itu beberapa judul internet untuk clickbait kadang bisa dikatakan merupakan karya seni yang menggunakan berbagai komposisi judul tulisan serta gambar gambar yang menarik bersifat menipu dan menyesatkan. Gabungan tulisan dan gambar bisa membuat alam bahwah sadar pengunjung internet untuk meningkatkan rasa penasaran yang berhubungan dengan nafsu manusia.

Cara Mencegah Clickbait


Berbagai cara bisa dilakukan untuk membasmi konten konten clickbait. Salah satunya bila konten clickbait tersebut terdapat di media sosial, maka bisa melaporkannya pada platform atau perusahaan penyedia jasa media sosial. Jika konten terindeks atau bisa dicari di peramban mesin pencari, maka bisa melaporkan kepada penyedia jasa peramban terkait atau kepada polisi siber jika dirasa sangat berbahaya. Selain itu pencegahan dari pihak penyedia jasa juga bisa dengan memperbaharui layanan alogaritma pencarian mereka dengan mengukur artikel mana yang dimungkinkan mengandung unsur penipuan atau spam.

Kesimpulan


Artikel atau konten clickbait bisa berbahaya bagi pengguna internet baik itu individu atau sekelompok masyarakat. Informasi yang disajikan oleh konten clickbait kadang berbahaya, berisi informasi palsu bahkan bisa mengakibatkan fitnah dan memicu pertengkaran dikalangan masyarakat akhirnya membuat resah dan rasa tidak aman. Beberapa ahli yang bisa memanfaatkan clickbait akan menggunakannya untuk mendapatkan keuntungan yang berasal dari cara ilegal atau menggunakannya untuk tujuan politik seperti menghancurkan nama baik seseorang. Untuk itulah beberapa bentuk pencegahannya bisa dengan cara melaporkannya dan partisipasi pengguna internet untuk lebih bijak dalam menggunakan internet dan meyebarluaskan informasi.

Maka kaidah dalam menerima informasi atau mendapat informasi adalah jangan mudah percaya terhadap berita yang sampai dan jangan mudah terprovokasi tanpa mengecek atau melihat ulang sumber lainnya yang lebih terpercaya

Sekian artikel tentang pengertian clickbait atau umpan balik. Mudah mudahan artikel ini dapat memberikan informasi yang berguna bagi kita semua serta memberikan pemahaman yang baik mengenai artikel clickbait. Kurang lebihnya mohon dimaafkan sekian dan terimakasih.

Posting Komentar untuk "Apa yang dimaksud dengan Clickbait? Berikut Penjelasannya"