Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Manfaat Buah Strawberry? Berikut Hasil Penelitiannya

apa manfaat buah strawberry

Apa Manfaat Buah Strawberry? Berikut Hasil Penelitiannya


Buah Strawberry atau dalam bahasa latinnya disebut Fragaria ananassa merupakan buah yang berasal dari benua Eropa pada abad 18. Strawberry sebenarnya merupakan gabungan atau hybrid dari dua buah spesies berry liar yang berasal dari Amerika Utara dan Chile. Tentu saja buah ini telah dikenal di Negara Indonesia dengan memiliki warna merah terang, rasa yang manis (tergantung variannya) dan daging buah yang berair.
Buah strawberry biasanya bisa diolah terlebih dahulu ataupun bisa langsung dimakan. Produk asil olahan strawberry diantaranya adalah Jus, Jeli, selai, dan berbagai hidangan lainnya. Di Indonesia buah ini cukup terkenal meskipun tidak semua daerah di Indonesia bisa menumbuhkan strawberry dan hanya beberapa daerah saja yang cocok untuk budidaya buah ini.


Fakta Nutrisi Buah Strawberry


Buah Strawberi memiliki beberapa nutrisi yang terkandung didalamnya. Dari data United States Department of Agriculture Dalam 100 gram buah strawberry terdapat sekitar

  • Kalori: 32
  • Gula: 4,9 gram
  • Protein: 0,7 gram
  • Serat: 2 gram
  • Karbohidrat: 7,7 gram
  • Lemak: 0,3 gram
  • Air: 91 %

Karbohidrat pada strawberry segar memiliki kadar yang sedikit karena banyak kandungan air nya dan total berat bersih dari 100 gram buah strawberry hanya kurang dari 6 gram yang bisa tercerna, sebagian besar karbohidrat dari buah berri berasal dari gula sederhana seperti glukosa, fruktosa, sukrosa. Dan juga selain karbohidrat terdapat juga beberapa gram serat. Strawberri memiliki indeks Glikemik sebanyak 40 yang berarti tidak terlalu tinggi. Hal itu berarti buah strawberry tidak akan membuat lonjakan kadar gula darah saat dimakan dan cukup aman dimakan bagi penderita diabetes dalam jumlah yang sesuai anjuran dokter.

Sedangkan serat pada buah strawberry merupakan 26% dari total kandungan karbohidrat. Serat merupakan salah satu makanan yang penting untuk tubuh manusia terutama untuk memberikan makan pada bakteri baik.

Sementara itu buah strawberry juga merupakan sumber vitamin C yang merupakan salah satu antioksidan yang baik bagi tubuh. Terdapat juga zat Mangan untuk keberlanjutan pemrosesan dalam tubuh. Ada juga Vitamin B9 untuk pertumbuhan jaringan dan fungsi sel dan kalium untuk meregulasi gula darah. Beberapa vitamin dan mineral lain yang ada dalam buah strawberry tetapi dengan jumlah yang lebih sedikit adalah Zat besi, Zat tembaga, magnesium, fosfor, vitamin B6, Vitamin K, dan Vitamin E.
apa manfaat buah strawberry

Manfaat Buah Strawberry


Dalam artikel ini akan dibahas tentang apa saja manfaat yang terkandung didalam buah Strawberry berdasarkan beberapa hasil penelitian yang telah dilakukan beberapa ahli di seluruh Dunia. Berikut ini enam Manfaat buah strawberry untuk kesehatan yang bisa kita dapatkan

1. Menjaga Kesehatan Jantung


Sebagaimana yang kita tahu bahwa sakit jantung merupakan salah satu penyebab utama kematian yang ada di seluruh dunia. Studi dari peneliti Department of Nutritional Sciences, Oklahoma State University tahun 2010 menunjukan hubungan antara buah berry yang ternyata bisa meningkatkan kesehatan jantung. Studi peneliti dari Research Institute of Public Health, University of Kuopio, Finlandia pada tahun 2003 juga menyatakan dalam pengamatan berskala besar dengan 1000 orang yang mengkonsumsi berri dapat mengurangi resiko kematian akibat masalah jantung

Menurut suatu Studi dari Iris Erlund yang karyanya dipublikasikan oleh The American Journal of Clinical Nutrition pada tahun 2008 menunukan bahwa seseorang yang telah menginjak usia pertengahan dan mengalami faktor resiko terkena penyakit jantung dapat meningkat kadar Kolestrol Baiknya atau HDL, terjaganya fungsi darah serta tekanan darah dengan mengkonsumsi berry

Beberapa manfaat buah strawberry yang bisa didapatkan yang berkaitan dengan masalah kesehatan jantung menurut peneliti dari Oklahoma State University di Amerika Serikat dan beberapa penelitian lainnya adalah sebagai berikut

  • Meningkatkan antioksidan dalam darah
  • Mengurangi stress oksidatif (kerusakan akibat radikal bebas)
  • Mengurangi inflamasi
  • Meningkatkan fungsi pembuluh darah
  • Meningkatkan kadar lemak darah
  • Mengurangi proses oksidasi yang berbahaya dari kolestrol jahat (LDL)

Penelitian lainnya dari jurnal hasil publikasi Nutrition Journal tahun 2009 menunjukan bahwa setelah 4 sampai 12 minggu seseorang partisipan mengkonsumsi secara rutin supemen strawberry maka akan terlihat pengurangan yang signifikan dari beberapa faktor resiko penyakit diantaranya adalah Kolestrol jahat yang berkurang, penanda inflamasi, dan Pengurangan proses oksidasi partikel Kolestrol LDL

Dikarenakan tingginya kadar kalium dalam Buah Strawberry, maka buah ini dimungkinkan memberikan manfaat kepada orang orang yang memiliki peningkatan resiko tekanan darah tinggi dengan cara mengimbangi kadar sodium dalam tubuh. Karena jika salah satu dari keduanya tidak seimbang, maka akan meningkatkan faktor resiko tekanan darah. Menurut National Health and Nutrition Examination Survey (NHANES) kurang dari 2 persen orang dewasa di Amerika Serikat mengkonsumsi kebutuhan kalium hariannya sebesar 4700 mg.

Buah Strawberry juga memiliki zat yang disebut Plargonidin. Zat ini merupakan zat antosianin utama pada Buah Strawberry yang memberikan buah ini ciri khas warna merahnya. Walaupun zat antosianin pada buah ini tidak hanya plargonidin tetapi zat ini merupakan jenis yang paling banyak. Zat Antosianin pada Buah Strawberry terletak pada dagingnya. Zat ini bermanfaat bagi kesehatan manusia terutama untuk menjaga kesehatan jantung 


2. Manfaat Buah Strawberry Sebagai Pengatur Gula Darah


Manfaat berikutnya adalah Buah Strawberry dapat menjadi salah satu media bagi kita untuk mengatur tingkat gula darah. Ketika suatu makanan berkarbohidrat masuk kedalam tubuh, tubuh akan mengurai karbohidrat ini menjadi gula sederhana dan memasukannya kedalam aliran darah. Lalu tubuh akan mulai untuk mensekresi insulin yang memberitahu sel sel tubuh untuk mengambil gula dari alirah darah tadi untuk digunakan sebagai bahan bakar energi atau disimpan.

Dengan tidak seimbangnya regulasi gula darah dan tingginya pola makan tinggi gula dapat menyebabkan meningkatnya resiko diabetes tipe 2, penyakit jantung dan meningkatnya resiko obesitas (David S Ludwig, Department of Medicine, Children's Hospital: 2002)

Untuk itulah Buah Strawberry menjadi salah satu pengaturnya dengan cara memperlambat proses pencernaan glukosa atau gula dan mengurangi lonjakan glukosa dan insulin saat kita mengkonsumsi makanan dengan karbohidrat yang tinggi. (Riitta Torronen, 2010) sehingga dengan demikian Buah Strawberry dapat menjadi salah satu media yang cukup baik untuk mencegah terjadinya sindrom metabolisme dan diabetes tipe 2.

Pada tahun 2015 pertemuan ke 75 dari America Diabetes Assosiation salah satu ahli dari Universitas Harvard Dr. Howard Sesso menampilkan data penelitian dari studi kesehatan wanita.  Hasilnya wanita yang rutin mengkonsumsi buah strawberry paling tidak dalam periode per bulan memiliki resiko lebih rendah terkena diabetes dibandingkan dengan yang tidak memakan atau jarang memakan buah strawberry. 

3. Bisa Mencegah Kanker


Kanker adalah salah satu penyakit yang dicirikan dengan sel tubuh menjadi abnormal dan mulai tumbuh dengan tak terkendali. Menurut A Mantovani dalam penelitiannya tahun 2010, kanker terbentuk dan berkembang bisa diasumsikan akibat proses stress oksidatif dan inflamasi yang kronis.

Beberapa studi ilmuan dari University of California tahun 2006 dan 2008 serta University of Mississippi tahun 2001 menunjukan bahwa beberapa tipe kanker yang mungkin terjadi dalam tubuh dapat dicegah dengan mengkonsumsi Buah Strawberry karena kandungan buah ini yang dapat melawan proses okstidatif stress dan inflamasi.

Studi dari peneliti Indiana University School of Medicine, Indianapolis, Amerika Serikat tahun 2001 juga menunjukan bahwa Buah Strawberry dapat menghambat terbentuknya tumor pada hewan dengan kanker mulut dan manusia yang terkena kanker sel hati. 

Manfaat Buah Strawberry tersebut kemungkinan didapatkan dari kandungan asam Ellagic dan ellagitannins yang ternyata dari hasil studi peneliti University of São Paulo, São Paulo, Brazil tahun 2010 dapat menghentikan pertumbuhan sel kanker. Meskipun demikian penelitian dan percobaan masih harus terus dilakukan pada manusia untuk meningkatkan efek sebenarnya Buah Strawberry pada kanker. Karena beberapa penelitian yang dilakukan masih belum menyeluruh dan dalam tahap awal.

Kadar dua zat tersebut (ellagitannins dan asam ellagic) pada buah strawberry ternyata lebih banyak 2 sampai 11 kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan buah jenis lain seperti studi yang ditujukan oleh peneliti Institute for Nutrition Research, Faculty of Medicine, University of Oslo tahun 2002.

Meskipun kelihatannya menjanjikan sebagai salah satu zat anti kanker atau obat kanker, alangkah baiknya untuk tidak mengganti 100% terapi yang dijalankan saat seseorang tersebut terkena penyakit kanker dengan Buah Strawberry. Tetapi menjadikan Buah Strawberry ini sebagai salah satu media pelengkap penyembuhan terapi pengobatan kanker beserta gabungan beberapa buah dan sayuran jenis lainnya.

4. Mencegah Stroke


Manfaat Buah Strawberry lainnya adalah dapat mencegah terjadinya strok. Sebuah penelitian pada tahun 2016 meneliti hubungan antioksidan yang terkandung dalam Buah Strawberry dengan resiko terjadinya strok. Hasilnya bahwa kandungan antioksidan pada Buah Strawberry secara cukup baik mengurangi resiko strok yang berhubungan juga dengan faktor resiko penyakit kardiovaskular. Tetapi penulis masih memberikan saran tampaknya hasil tersebut juga bisa disebabkan kandungan flavonoid.

5. Mengatasi Sembelit


Memakan makanan yang tinggi kadar air dan serat dapat mencukupi kebutuhan air dalam tubuh sehingga dapat menjaga pergerakan usus menjadi lebih teratur. Selain itu serat dalam buah buahan juga merupakan salah satu bahan makanan penting untuk mencegah sembelit dengan cara memperbaiki komposisi kotoran. Beberapa buah yang mirip selain Buah Strawberry adalah semangka dan buah anggur.

6. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh


Buah Strawberry sebagaimana yang kita jelaskan diatas, memiliki berbagai macam vitamin. Salah satu vitamin penting yang ada dalam buah strawberry adalah Vitamin C. Vitamin ini penting untuk kesehatan tubuh dalam meningkatkan imun tubuh kita dan Buah Strawberry merupakan salah satu buah dengan sumber vitamin C yang baik

Pertanyaan Seputar Manfaat Buah Strawberry


Berikut ini kami sajikan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan buah stawberry beserta jawaban dan penjelasan dari pertanyaan tersebut.

Berapa Buah Strawberry Yang Harus Dimakan Dalam Sehari?


Jumlah yang dianjurkan yang baik adalah sesuai dengan angka kebutuhan gizi dan tidak berlebihan. Untuk itu ada yang menyarankan untuk mengkonsumsi 8 buah strawberry ukuran sedang dalam sehari. Alasan yang pertama karena buah strawberry ukuran sedang untuk setiap satu porsinya mengandung 45 kalori, 140% kebutuhan harian vitamin C, 8 persen kebutuhan harian folat, 12 persen kebutuhan serat, 6 persen kebutuhan harian kalium dan hanya mengandung gula yang sedikit yaitu 7 gram. Sehingga jika mengkonsumsi 8 buah rasanya sudah cukup jika di gabungkan dengan makanan utama yang lain untuk melengkapi sisanya. Untuk lebih baiknya dikonsultasikan dengan dokter atau ahli kesehatan anda jika dirasa memiliki masalah kesehatan saat mengkonsumsi buah ini.

Kenapa Buah Strawberry Kadang Tidak Manis?


Beberapa faktor mungkin saja mempengaruhi kadar kemanisan atau rasa suatu buah, termasuk dalam hal ini buah strawberry. Buah ini bisa menjadi tidak manis salah satu faktor nya adalah kondisi tanah tempat buah ini ditanam tidak terlalu cocok untuk pertumbuhan tanaman. Selain itu faktor lainnya karena masalah iklim tempat tanaman ini di tanam terutama harus mendapatkan paparan sinar matahari yang tepat.

Apakah Buah Strawberry Bisa Dimakan Saat Larut Malam?


Satu gelas buah strawberry dengan berat setidaknya 166 gram hanya memiliki kalori sekitar 53, dan jika tidak berlebihan maka konsumsi kalori tidak akan melampaui batas kebutuhan harian. Selain itu buah strawberry juga memiliki serat dan sumber vitamin yang baik bagi tubuh.

Berapa Lama Strawberry Bisa Disimpan?


Jika strawberry tidak cuci dan telah dibersihkan dari kotoran maka di dalam kulkas buah ini dapat bertahan sekitar 3 sampai 7 hari. Jika dalam kondisi baik sebelum dimasukan ke dalam freezer, maka dapat bertahan hingga 12 bulan. Sebaiknya proses pencucian buah dilakukan saat sebelum akan dikonsumsi

Beberapa Hal yang harus Dicermati


Buah Strawberry merupakan salah satu dari beberapa buah yang dikenal dan disukai masyarakat. Kebanyakan orang bisa memakannya. Tetapi yang patut diketahui ada beberapa orang yang bisa alergi saat mengkonsumsi Buah Strawberry ini terutama pada anak anak. Jika anak anak tersebut terkena alergi strawberry maka bisa berarti anak tersebut memiliki alergi terhadap makanan. Sekitar 6 - 8 persen dari anak anak berusia dibawah 3 tahun dapat mengalaminya sedangkan untuk orang dewasa sampai 9 persen populasi.

Jika anda dan keluarga anda memiliki riwayat alergi, eczema, atau asma maka ada kemungkinan anggota keluarga tersebut juga mengalami alergi terhadap makanan dan dapat berkembang sewaktu waktu. Selain itu tidak memberikan makanan yang tepat kepada bayi dengan usia lebih dari 7,5 bulan dapat meningkatkan resiko alergi makanan ini.

Selain itu Buah Strawberry juga memiliki suatu jenis protein yang dapat membuat orang orang dengan gejala sensitif terhadap serbuk atau apel menjadi alergi X66. beberapa gejala yang umum terjadi jika kita tidak tahan dengan kandungan dari Buah Strawberry diantaranya adalah rasa gatal, permasalahan pernapasan, sakit kepala, tenggorokan lidah dan bibir. Salah satu zat yang menyebabkan alergi ini kemungkinan adalah zat antosianin. 

Jika kita atau anak anak anda mengalami alergi terhadap strawberry maka ada kemungkinan akan juga alergi terhadap buah buahan seperti buah persik, Buah Ceri, Buah apel, Rasberry dan blackberry. Hal tersebut karena buah buahan ini memiliki penyebab alergi yang hampir mirip. Selain itu jika alergi terhadap Buah Strawberry maka alangkah baiknya untuk menghindari berbagai jenis olahan strawberry termasuk perasa strawberry dan segala sesuatu makanan olahan yang bersentuhan dengan bahan strawberry, misal sebuah kue memiliki hiasan Buah Strawberry maka memakan kue nya tanpa memakan buahnya tetap dimungkinkan terkena alergi dari buah tersebut.

Bagi yang menderita kelainan pendarahaan jika mengkonsumsi buah strawberry dalam jumlah yang banyak atau berlebihan dapat memperparah kondisi sang penderita dan membuat pendaraahan menjadi lebih lama. Hal tersebut menjadi lebih berbahaya lagi saat penderita sedang mengalami proses operasi yang mengeluarkan banyak darah.

Beberapa Resep Makanan Dengan Buah Strawberry



Penutup


Buah strawberry merupakan salah satu buah yang disukai oleh berbagai kalangan masyarakat, selain itu dengan mengkonsumsi buah ini maka kita juga akan mendapatkan berbagai khasiatnya. Manfaat Buah strawberry cukup banyak bagi manusia, hal tersebut karena kandungan buah ini yang cukup lengkap. Mulai dari vitamin, mineral, dan juga termasuk didalamnya kandungan antioksidan yang baik dalam melawan radikal bebas.

Mengkonsumsi buah strawberry merupakan salah satu cara yang enak agar kita mampu memenuhi kebutuhan kebutuhan nutrisi tubuh. Selama dimakan dalam jumlah yang wajar dan sesuai angka kebutuhan gizi kita, maka manfaat buah strawberry akan bisa kita dapatkan. Tetapi jika kita mengkonsumsi dalam jumlah yang berlebihan, maka ada kemungkinan hal tersebut malah akan membuat kita menjadi sakit.

Meskipun kandungan atau manfaat nya yang cukup luar biasa, lebih baik tidak mengandalkan satu buah saja dalam melakukan diet pola hidup sehat. Kombinasikan dengan berbagai macam buah dan sayur agar kebutuhan nutrisi lain bisa dipenuhi. Selain itu beberapa manfaat diantaranya untuk mencegah kanker tidak berarti buah ini bisa 100% mengganti proses pengobatan pasien yang terkena kanker, sebaiknya pengobatan tetap dilanjutkan dan ditambah dengan mengkonsumsi buah dan sayur yang menyehatkan diantaranya buah strawberry sesuai dengan anjuran dokter.

Demikianlah Artikel pembahasan mengenai manfaat buah strawberry bagi kesehatan beserta penjelasan ilmiahnya. Semoga tulisan artikel ini dapat menjadi salah satu sumber informasi dan menambah pemahaman kita terkait manfaat buah yang satu ini, sekian terimakasih

Daftar Pustaka:

Basu A, Rhone M, Lyons TJ. Berries: emerging impact on cardiovascular health. Nutr Rev. 2010;68(3):168‐177. doi:10.1111/j.1753-4887.2010.00273.x

Halvorsen BL, Holte K, Myhrstad MC, et al. A systematic screening of total antioxidants in dietary plants. J Nutr. 2002;132(3):461‐471. doi:10.1093/jn/132.3.461

Mantovani A. Molecular pathways linking inflammation and cancer. Curr Mol Med. 2010;10(4):369‐373. doi:10.2174/156652410791316968

Pinto Mda S, de Carvalho JE, Lajolo FM, Genovese MI, Shetty K. Evaluation of antiproliferative, anti-type 2 diabetes, and antihypertension potentials of ellagitannins from strawberries (Fragaria × ananassa Duch.) using in vitro models. J Med Food. 2010;13(5):1027‐1035. doi:10.1089/jmf.2009.0257

Törrönen R, Sarkkinen E, Tapola N, Hautaniemi E, Kilpi K, Niskanen L. Berries modify the postprandial plasma glucose response to sucrose in healthy subjects. Br J Nutr. 2010;103(8):1094‐1097. doi:10.1017/S0007114509992868

Posting Komentar untuk "Apa Manfaat Buah Strawberry? Berikut Hasil Penelitiannya"