Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Khasiat Buah Semangka? Berikut Hasil Penelitiannya

apa saja khasiat buah semangka

Berikut Khasiat Buah Semangka Menurut Penelitian Ahli


Fakta Nutrisi dari Buah Semangka

Sebelum kita membahas tentang khasiat buah semangka untuk kesehatan, berikut ini kami sajikan beberapa fakta nutrisi yang menjadi alasan mengapa khasiat buah semangka ini bisa terbentuk. Buah semangka adalah buah yang kebanyakan komposisinya merupakan air (sekitar 92 persen) sehingga Buah semangka ini juga membuat kita segar saat memakannya. 

Selain segar dan lezat buah ini juga memiliki banyak nutrisi, untuk setiap gigitannya buah ini bisa memberikan vitamin A, Vitamin B6, vitamin C, zat likopen yang banyak, berbagai macam zat antioksidan dan asam amino. Selain itu buah semangka juga merupakan buah yang kaya akan kalium dengan kadar sodium yang rendah. Dalam satu porsi semangka (biasanya satu gelas semangka) hanya memiliki terdiri dari 40 kalori menjadikan buah semangka ini salah satu buah yang rendah kalori.
Menurut Angela Lemond seorang pakar diet dan nutrisi dari Texas Amerika Serikat mengatakan makanan yang kaya akan antioksidan dan asam amino bisa membuat tubuh berjalan normal dalam menjalankan fungsinya. Selain itu Angela yang juga merupakan pembicara dalam Academy of Nutrition and Dietics ini mengatakan bahwa antioksidan tersebut bisa membantu tubuh mencegah kerusakan dan mencegah penyakit kanker. Asam amino merupakan bahan bangunan utama untuk fungsi protein, yang protein ini digunakan setiap hari bagi tubuh manusia untuk menjalankan fungsi fungsi vital pada tubuh.

Para peneliti juga memberikan catatan mengenai kandungan Buah semangka yang tinggi akan likopen yaitu sebesar 15 sampai 20 miligram per 2 porsi gelas Buah semangka menurut National Watermelon Promotion Board merupakan salah satu buah yang paling banyak mengandung zat tersebut.

Zat likopen adalah phytonutrient yang secara alamiah bisa didapat dalam kandungan buah buahan dan berbagai macam sayur mayur. Zat ini jika dimakan dari sumber sumber tersebut dapat bereaksi denan tubuh manusia meningkatkan kesehatan. Selain itu zat likopen ini diketahui juga merupakan salah satu pemberi warna merah pada buah buahan seperti Buah semangka, buah tomat, buah anggur merah, buah jambu dan berbagai macam buah lainnya yang berwarna merah.

Menurut ahli nutrisi Victoria Jarzabkowski di The University of Texas di Austin Amerika SerikatZat likopen ini merupakan salah satu zat yang bisa dihubungkan dengan kesehatan jantung, kesehatan tulang, dan pencegahan kanker prostat pada manusia. Selain itu termasuk dalam salah satu zat golongan antioksidan yang dipercaya menjadi zat anti inflamasi.

Untuk lebih meningkatkan asupa zat likopen ini, maka perlu memakan buah semangka yang matang dengan sempurna. Semakin merah buah semangka maka semakin tinggi konsentrasi zat likopen didalamnya. Selain itu, buah semangka yang telah matang sempurna juga memiliki kandungan beta karoten dan phenolic yang meningkat dibandingkan dengan semangka yang belum matang, dan kedua zat tersebut merupakan bentuk dari antioksidan. Beta karoten adalah zat antioksidan yang sering ditemukan pada buah buahan dan sayuran yang berwarna merah hingga berwarna oranye. Zat ini pun bermanfaat untuk meningkatkan imunitas, kesehatan mata, kesehatan kulit, dan mencegah dari resiko terserang kanker

Dari studi yang mempelajari berbagai macam tipe buah semangka tahun 2011 yang dipublikasikan oleh Journal of Food Composition and Analysis menemukan bahwa dalam 4 tahapan kematangan buah semangka, buah semangka mentah dengan daging buah yang berwarna putih hampir sama sekali tidak memiliki kandungan antioksidan beta karoten. Di sisi lain saat buah semangka menjadi merah sempurna atau matang sempurna maka buah tersebut menjadi sumber phytonutrien yang bagus.

Beberapa penelitian baru baru ini telah menemukan bahwa kandungan nutrisi pada biji buah semangka juga cukup baik, apalagi setelah berkecambah dan keluar dari cangkangnya. Biji semangka diketahui memiliki kadar protein yang tinggi, zat magnesium, vitamin B dan lemak baik menurut analisa yang dipublikasikan oleh International Journal of Nutrition and Food Science

Berikut ini beberapa daftar komposisi kandungan buah semangka menurut U.S. Food ad Drug Administration yang mengatur proses labeling makanan di Amerika Serikat untuk setiap 2 gelas potongan semangka atau sebanyak 280 gram dalam angka kebutuhan harian untuk diet 2000 kalori

Kalori 80
Total Karbohidrat: 21 gram (7 persen kebutuhan harian)
Serat: 1 gram (4% kebutuhan)
Gula: 20 gram
Kolestrol: 0 gram
Vitamin A: 30% kebutuhan per hari
Vitamin C: 25% kebutuhan per hari
Sodium: 0 gram
Kalium: 270 miligram (8% kebutuhan)
Protein: 1 gram
Kalsium: 2% kebutuhan per hari
Zat Besi: 4% kebutuhan per hari
Lemak: 0 gram

Khasiat Buah Semangka Untuk Kesehatan

Khasiat Buah Semangka Untuk Kesehatan

Berikut ini kami sajikan beberapa khasiat buah semangka berdasarkan penelitian para ahli bedasarkan kandungan buah semangka yang luar biasa:


1. Menjaga kesehatan Jantung


Buah semangka merupakan buah yang memiliki kadar likopen yang tinggi, dan likopen merupakan zat yang efektif dalam melindungi sel dari kerusakan yang bisa membantu tubuh kita untuk mengurangi resiko terkena penyakit jantung sebagaimana hasil penelitian dari peneliti Purdue University. Selain itu penelitian yang dipublikasikan oleh American Journa of Hypertension menyebutkan bahwa ekstrak buah semangka bisa membantu kita mengurangi tekanan darah dan hypertension pada orang dewasa yang mengalami kegendutan

Khasiat buah semangka juga penting bagi orang orang yang telah lanjut usia terutama bagi wanita yang sudah tua. Penelitian dari subjek yang menopause biasanya terjadi pada wanita usia lanjut dan seseorang yang mengalami peningkatan kekauan pembuluh aorta setelah mengkonsumsi ekstrak buah semangka rutin selama 6 minggu menunjukan berkurangnya tekanan darah dan mengurangi kekauan pembuluh dibandingkan dengan seseorang yang tidak rutin mengkonsumsi buah semangka. Peneliti yang melakukannya berpendapat hal tersebut karena manfaat kandungan buah semangka yaitu citruline dan arginine.

2. Memiliki Kandungan Anti Inflamasi


Peneliti menyatakan bahwa kandungan likopen pada buah semangka juga bisa sebagai zat anti inflamasi. Likopen adalah penghambat dari berbagai macam proses inflamasi dan juga likopen mampu berperan sebagai anti oksidan yang bertugas menetralkan radikal bebas. Sebagai tambahan, buah semangka memiliki choline yang bisa menjaga agar inflamasi kronis tidak meningkat, hal tersebut bedasarkan artikel yang dipublikasikan oleh jurnal Shock Medical Journal pada tahun 2006.

Khasiat Buah semangka dalam Mengurangi Inflamasi tidak hanya baik bagi orang orang yang menderita penyakit arthritis. Ketika tubuh kita sakit, maka sel sel tubuh akan ada yang mengalami kerusakan dan mungkin bisa terjadi akibat stress, kebiasaan merokok, terkena polusi, penyakit menular kemudian tubuh kita akan terjadi inflamasi sistemik. Dan untuk itulah makanan dengan zat anti inflamasi dapat membantu kesehatan tubuh atau imunitas secara umum.

3. Mengatasi Hidrasi 


Buah Semangka bisa membantu tubuh kita mengatasi kehilangan cairan dalam tubuh. Hal tersebut sebagaimana telah dijelaskan pada bagian awal artikel ini bahwa buah semangka memiliki kandungan air yang banyak. Selain buah ini memiliki banyak air, tentu saja banyak nutrisi dan serat yang bisa kita dapatkan setelah mengkonsumsi buah ini. Sebagai tambahan, daging buahnya kaya akan kandungan elektrolit baik yang bisa mencegah dari berbagai masalah kesehatan

4. Khasiat Buah Semangka Untuk Kulit dan Rambut 


Kandungan vitamin A buah semangka sangat baik untuk kesehatan kulit manusia, dengan hanya buah semangka sebanyak satu gelas vitamin A yang terdapat dalam buah semangka mampu mencukupi kebutuhan akan vitamin A sebanyak seperempat kebutuhan harian yang direkomendasikan. Vitamin A juga penting bagi kulit dan rambut untuk tetap lembab serta juga mampu memicu pertumbuhan sel kolagen dan sel elastin yang sehat menurut Cleveland Clinic. Vitamin C juga bermanfaat layaknya vitamin A dalam hal meningkatkan pertumbuhan sel kolagen yang sehat.

5. Megatasi Nyeri Otot dan Bagus Untuk Olahragawan


Olahragawan atau yang biasa disebut atlit yang menyukai buah semangka ternyata bisa dikatakan beruntung. Karena dengan meminum jus buah semangka sebelum melakukan workout atau olah raga berat dapat mengurangi nyeri otot dan laju detak jantung di hari setelahnya. Data tersebut didapat dari studi ilmiah tahun 2013 yang dipublikasikan oleh Journal of Agricultural and Food Chemistry. Salah satu kandungan yang berperan dalam proses ini adalah zat Ciltrulline dan Arginine.

Tahun 2015 sebuah studi hasil publikasi Journal of Applied Physiology menyatakan bahwa kandungan buah semangka citrulline dimungkinkan meningkatkan performa atlit. Penelitian ini melihat dari partisipan yang mengambil suplemen citrulline dan kemudian melakukan latihan berat seperti bersepeda dan berlari sprint hasilnya adalah terlihat peningkatan kekuatan dan performa dari para atlit.

6. Mencegah Terjadinya Kanker


Khasiat Buah semangka berikutnya adalah mampu mencegah terjadinya kanker. Sama seperti buah buahan dan sayuran lain, buah semangka mampu mengurangi terjadinya resiko kanker dengan kandungan antioksidannya. Likopen secara penelitian dari National Cancer Institute dapat mengurangi proliferasi sel kanker prostat.


7. Mencegah Asma


Studi yang di publikasikan dari Cochrane Library menyatakan bahwa ada kemungkinan bahwa asma bisa berkembang dengan adanya radikal bebas yang masuk kedalam tubuh, dan vitamin C bisa sebagai alternatif melawan radikal bebas ini dalam sistem paru paru dan pada akhirnya mengurangi resiko terjadinya kanker.

Tetapi hasil berbeda didapatkan dari suplemen vitamin C yang bukan berasal alami dari buah atau sayuran dalam mencegah asma. Walaupun vitamin C ini bisa memberikan beberapa proteksi.

Satu gelas potongan buah semangka yang seberat 154 gram memiliki kandungan 12,5 miligram vitamin C dan dengan demikian mampu melengkapi 14 persen sampai 16 persen kebutuhan harian tubuh manusia.

8. Menangani Tekanan Darah Tubuh


Khasiat buah semangka berikutnya adalah mampu mengurangi tingkat tekanan darah dalam tubuh. Menurut penelitian tahun 2012 publikasi dari American Journal of Hypertension bahwa ekstrak buah semangka dapat mengurangi tekanan darah disekitar pergelangan kaki bagi orang orang dengan usia dewasa dengan penyakit hipertensi dan mengalami obesitas.

Likopen yang merupakan salah satu antioksidan dalam buah semangka bisa mengurangi inflamasi pada tubuh yang berhubungan meningkatnya kadar kolestrol baik pada tubuh atau HDL. Selain itu terdapat phytosterols yang merupakan kandungan tanaman yang dapat mengatur tingkat kolestrol jahat LDL dalam tubuh. Dengan berkurangnya LDL atau kolestrol jahat ini dapat membantu mencegah tekanan darah tinggi dan juga penyakit kardiovaskular

9. Bagus untuk Regulasi Pencernaan


Buah semangka memiliki kandungan air dan serat yang cukup baik. Keduanya bisa memicu meningkatnya bakteri baik dalam pencernaan. Dengan berkembangnya bakteri baik maka efek positif yang bisa kita dapatkan adalah bisa mengatasi sembelit serta meningkatkan kesehatan usus.

10. Bisa Mencegah Terjadinya Degenerasi Makula


Khasiat buah semangka berikutnya adalah kandungan likopennya mampu mengatasi degenerasi makula. Likopen ditemukan pada beberapa bagian pada mata yang membantu melindungi mata dari kerusakan akibat proses oksidatif dan inflamasi. Selain itu zat ini dimungkinkan juga menjaga terjadinya degenerasi makula yang berhubungan dengan meningkatnya usia, dan dengan likopen ini bisa mencegah hal ini berkembang dan menjadi lebih buruk. Hal tersebut berdasarkan hasil penelitian yang dipublikasikan oleh Experimental and Clinical Science Journal pada tahun 2014.

11. Dimungkinkan Menjadi Media Untuk Mengurangi Berat Badan


Penelitian tahun 2019 yang dipublikasikan oleh jurnal Nutrient mengindikasikan bahwa buah semangka bisa meningkatkan metabolic syndrome termasuk obesitas. Dalam suatu studi, 33 orang dengan berat badan berlebih atau obesites diberikan dosis sekitar 2 gelas buah semangka atau kue rendah lemak setiap hari selama 4 minggu dan hasilnya orang yang mengkonsumsi buah semangka merasa sedikit lapar dan kenyang lebih lama dibandingkan dengan orang yang mengkonsumsi kue rendah lemak. Secara keseluruhan mereka yang memakan buah semangka secara rutin selama 4 minggu memiliki kadar antioksidan yang lebih tinggi, berat badan yang lebih sedikit, rasio pinggang dan pinggul yang meningkat serta tekanan darah sistolik yang lebih berkurang.

Beberapa Pertanyaan Seputar Khasiat Buah Semangka


Berikut ini kami sajikan beberapa pertanyaan dan jawaban tentang buah semangka:

Apakah Bagian Daging Buah Semangka Berwarna Putih Bisa Dimakan?


Buah semangka terkenal dengan daging buahnya yang berwarna merah dan merupakan bagian buah semangka yang paling sering dimakan. Tetapi tahukah kalian bahwa khasiat buah semangka tidak hanya bisa didapatkan dengan hanya mengkonsumsi daging buahnya yang berwarna merah. Penelitian pada tahun 2005 dan dipublikasikan oleh Journal of Chromatography menyatakan buah semangka yang berwarna putih mengandung asam amino citrulin dibanding daging buah semangka yang berwarna putih. Dan hampir setiap bagian semangka yang bisa dimakan memiliki manfaat.

Citrulin adalah salah satu asam amino yang bisa berubah menjadi asam amino arginine. Asam amino ini bisa meningkatkan kesehatan aliran darah yang jika bermasalah dapat menjadi salah satu faktor resiko terkena penyakit jantung, selain itu asam amino arginine ini dapat meningkatkan kesehatan sirkulasi tubuh kita. Studi zat ini juga telah dikonfirmasi oleh Texas A&M University dapat mengatasi disfungsi erectile.

Apakah Kulit Buah Semangka Bisa Dimakan?


Sedikit orang yang mengetahui bahwa kulit buah semangka bisa dimakan. Menurut hasil studi literatur yang dilakukan kulit buah semangka bisa menyehatkan, meningkatkan tekanan darah, meningkatkan performa saat olah raga, tidur lebih baik dan menjadi sumber serat yang bagus. (www.healthline.com)

Apakah Makan Buah Semangka meningkatkan Berat Badan?


Dengan kandungan air yang banyak serta kalori yang cukup rendah, buah semangka tidak berpotensi menjadi penyebab meningkatnya berat badan jika dikonsumsi dengan jumlah yang cukup. Selain itu malah buah ini bisa menjadi salah satu media penurun berat badan.

Efek samping buah semangka

Efek Negatif Mengkonsumsi Buah Semangka


Gangguan Pencernaan


Saat kita memakan buah semangka dalam jumlah yang wajar dan sesuai angka rekomendasi kebutuhan harian kita, maka kita akan mendapatkan khasiat buah semangka seperti yang dijelaskan diatas mulai dari menjaga kesehatan jantung hingga mencegah kanker.

Namun saat kita memakannya dalam jumlah yang berlebihan maka akan terjadi hal hal yang tidak diinginkan. Jika tubuh kita terlalu banyak menerima asupan likopen (salah satu zat antioksidan dalam buah semangka) maka kita berpotensi mengalami diare, perut kembung, mual, gangguan pencernaan. Hal tersebut berdasarkan dari American Cancer Society.

Kelebihan zat Kalium


Orang orang dengan penyakit hyperkalemia atau memiliki kadar kalium yang terlalu banyak dalam darahnya direkomendasikan untuk tidak mengkonsumsi buah semangka lebih dari satu gelas per hari atau kurang dari 140 miligram kalium. Menurut National Institutes of Health, hyperkalemia bisa menyebabkan ketidak teraturan detak jantung dan berbagai masalah kardio vaskular lainnya dan sebagai tambahan dapat mengurangi kontrol terhadap otot.

Berbahaya Jika Tidak di Selingi dengan Makanan Lain


Memakan buah buahan yang kaya akan kandungan airnya seperti buah semangka dapat mengurangi rasa ingin makan dan bagi orang orang yang ingin menjalani program diet berat badan bisa menjadi salah satu media penurun berat badan. Tetapi jika berlebihan mengkonsumsi buah tersebut termasuk sayuran berkadar air tinggi, maka akan mengurangi tingkat energi yang dimiliki tubuh. Selain itu bagi orang orang yang berhasil mengurangi berat badan dengan diet ekstrim ini memang terlihat berkurangnya berat badan tetapi kebanyakan berat yang terbuang berasal dari berkurangnya massa otot.

Banyak mengandung Gula Jika Berlebihan


Sebagaimana dijelaskan dalam bagian fakta nutrisi buah semangka, kadar gula buah semangka termasuk dalam salah satu buah yang memiliki kadar gula cukup banyak dibandingkan dengan buah buahan lain, dan jika dikonsumsi berlebihan maka kadar gula dalam tubuh semakin meningkat. Tentu saja hal tersebut berkebalikan dengan efek buah semangka untuk menjaga kesehatan tubuh


Penutup


Buah semangka merupakan salah satu buah yang luar biasa, karena kandungan nutrisi, vitamin dan mineralnya. Selain itu efek positif kandungan nutrisi tersebut bisa memberikan kesehatan tubuh kita dengan melengkapi kekurangan nutrisi harian tubuh manusia.

Tetapi jika dimakan dengan berlebihan dan tidak sesuai anjuran angka kebutuhan gizi tubuh harian, maka malah bisa menjadikan efek negatif bagi tubuh kita sebagaimana yang telah dijelaskan diatas. Karena segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik.

Selain itu beberapa khasiat buah semangka untuk pengobatan tampaknya menjanjikan dari berbagai penelitian yang telah dilakukan di seluruh dunia, tetapi alangkah baiknya untuk tidak mengandalkan buah semangka saja dalam menjaga kesehatan tubuh dan perlu dilengkapi dengan berbagai macam buah buahan dan sayuran lain. Buah semangka juga tidak dianjurkan sebagai pengganti 100 persen pengobatan penyakit yang telah dilakukan seperti penyakit kanker, walaupun buah ini berpotensi mengurangi resikonya. Sebaiknya jadikan buah ini dan buah yang dipercaya sebagai anti kanker untuk pendamping pengobatan utama yang telah dilakukan di rumah sakit sebelumnya.

Di Indonesia, buah semangka ini juga bisa ditemukan dengan mudah dan sering dijadikan berbagai macam olahan seperti jus buah semangka, es buah, es krim, dan berbagai macam hidangan lainnya. Di negara Amerika Serikat sendiri produksi nya telah menempati urutan ke lima di dunia karena popularitas buah ini di pasaran.

Demikianlah Artikel tentang khasiat buah semangka untuk kesehatan dilihat dari penelitian dan pendapat para ahli. Semoga artikel ini bisa memberikan informasi yang berguna bagi kita semua dan memberikan pemahaman yang lebih mendalam terkait manfaat buah semangka. Sekian terimakasih.

Daftar Pustaka :




Posting Komentar untuk "Apa Khasiat Buah Semangka? Berikut Hasil Penelitiannya"