Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Referensi? Berikut Pengertian Referensi dan Artinya

Apa itu Referensi? Berikut Pengertian Referensi dan Artinya


Sering kita mendengar penggunaan kata referensi saat menjumpai artikel atau karya ilmiah. Tidak hanya itu jika kita membaca berita berita yang ada di media massa baik dari media cetak atau media yang tayang di televisi, maka kata referensi juga sering terdengar. Sebenarnya apa arti referensi? 
Dalam artikel kali ini kita akan mencoba membahas pengertian referensi dan arti katanya. Selain itu terdapat juga beberapa contoh referensi yang mungkin bisa digunakan sesuai dengan standar ilmiah yang ada.
contoh sumber pengertian referensi

Pengertian Referensi


Menurut KBBI Referensi adalah 1. sumber Acuan (rujukan,petunjuk). contoh penggunaan di kalimat adalah;” Jurnal Internasional dapat digunakan sebagai bahan referensi karya ilmiah”. 2. Buku buku yang dianjurkan oleh dosen kepada mahasiswanya untuk dibaca. Contoh penggunaannya; “Buku referensi yang dibaca tersedia secara daring di peramban kampus”. 3. buku perpustakaan yang tidak boleh dibawa ke luar, harus dibaca di tempat yang telah di sediakan 4. hubungan antara referen dan lambang (bentuk bahasa) yang dipakai untuk mewakilinya. Kata Referensi adalah salah satu kata benda. Dalam bahasa Indonesia kata “referensi” dapat diturunkan lagi menjadi kata “mereferensikan”

Aturan Menulis Referensi


Pertma Nama lengkap penulis yang jumlah katanya lebih dari sama dengan dua kata maka penulisannya dimulai dari kata terakhir kemudian disusul dengan kata pertama dan seterusnya. Misal Joko Widodo maka ditulis “Widodo, Joko”. ingat penting untuk menempatkan tanda koma di tengah kata. 

Kedua Jika pengarang suatu karya yang dijadikan referensi memiliki jumlah lebih dari satu. Maka pengarang pertama penulisannya sama dengan cara dibalik lalu pengarang kedua tidak perlu dibalik urutan namanya. Tetapi diantara nama pengarang satu dan pengarang dua ditambahkan kata dan.

Ketiga jika pengarangnya memiliki jumlah tiga orang dan atau lebih dari tiga orang, maka bisa dituliskan pengarang pertama saja kemudian pengarang lainnya digantikan dengan kata “dan kawan kawan” atau disingkat dkk. Dengan catatan nama pengarang pertama juga dibalik urutan penulisannya

Keempat penulisan nama pengarang pada referensi, tidak perlu menuliskan berbagai macam gelar apapun, baik itu gelar akademis atau gelar keagamaan. Misalkan Krisna Wisnu S.T, maka dapat ditulis “Wisnu, Krisna” saja tanpa tanda gelar

Kelima penulisan referensi dimulai dari -> nama “pengarang”.”tahun publikasi”.”Judul Karya Tulisan”.”Tempat Terbit Karya Tulisan”:”Nama Penerbit” <- perlu diperhatikan penempatan tanda baca koma, tanda titik, dan tanda titik dua. Serta judul tulisan bisa ditulis miring atau jenis tulisan italic.

Penulisan referensi saat karya tersebut saat pengarang memiliki jumlah kata dua atau lebih maka ditulis -> ”Nama Kata Terakhir”,”Nama Kata Pertama” (jarak) ”Nama Kata Kedua”. “tahun publikasi”.“Judul Karya ilmiah atau sumber referensi”.”kota tempat publikasi”:”Nama Penerbit”


Asal Kata Referensi


Referensi merupakan kata bahasa indonesia yang diserap dari kata bahasa asing belanda yaitu “referentie”. Kata bahasa asing ini diturunkan katanya dari dari bahasa Perancis abad pertengahan “referer” sekitar abad ke 14, dari bahasa latin “referre” yang berarti “untuk membawa kembali”. Terbentuk dari awalan “re” dan “ferre” yang berarti “menanggung”. Kata bahasa asing dari belanda tersebut mirip juga dengan bahasa dari abad pertengahan inggris yaitu “reference”.

Beberapa sinonim kata referensi adalah Tumpuan; Dasar; Rujukan; Sandaran; Bibliografi; Pustaka acuan; daftar pustaka; daftar bacaan; sanad dan berbagai macam lainnya. Sumber kata sinonim lainnya dapat ditemukan di Tesaurus

Pembahasan Lanjutan


Menurut kamus collins “referensi” adalah 1. kata atau ide yang didapat dari suatu sumber seperti buku, puisi, atau drama dan digunakan saat membuat suatu kesimpulan. 2. Sesuatu seperti angka atau nama yang memberitahukan kepada kita asal sumber informasi yang bisa diperoleh. 

Menurut Kamus merriam-webster “referensi” adalah sesuatu yang disebut mengarah ke- atau dikonsultasikan seperti a. seseorang yang dapat memberitahukan karakter atau kemampuan yang dimiliki b. sebuah pernyataan mengenai kualifikasi seseorang c. sumber informasi seperti buku yang menjadi acuan pembaca atau sebuah karya seperti kamus atau ensiklopedia yang berisi fakta atau informasi yang berguna.

Jadi bisa disimpulkan bahwa referensi adalah hubungan diantara suatu objek yang satu objek berperan menunjuk atau bertindak sebagai sara untuk menghubungkan atau mengarahkan ke objek lain. Objek yang pertama dalam hubungan ini bisa dikatakan me referensi kan ke objek yang kedua. 

Referensi bisa memiliki berbagai macam bentuk termasuk suatu pemikiran, suatu persepsi sensor pendengaran, penglihatan, penciuman, hubungan dengan manusia lain, koordinat ruang waktu, suatu simbol, suatu bentuk fisik, proyeksi energi atau hal lainnya. Yang dalam hal ini sumber sumber referensi tersebut bisa dibagi menjadi dua, yaitu faktual ataupun non faktual. Termasuk diantaranya bukti bukti kesaksian, nilai nilai yang dipercayai seseorang, maupun kredibilitas seorang pembicara yang memberikan informasi.

Penjelasan Istilah


Kredibilitas adalah kata yang memiliki arti kualitas, kapabilitas, atau kekuatan untuk menimbulkan kepercayaan. Kata ini memiliki satu kata turunan lainnya yaitu berkredibilitas.

Non Faktual adalah kata yang memiliki arti sebuah cerita, suatu contoh, hasil pemikiran hipotesis, kutipan karya sastra, perbandingan, dan yang diserupakan dengan itu kemudian menjadi sumber untuk seseorang sebagai salah satu pendukung untuk pernyataannya atau tuntutannya.

Faktual adalah suatu pengakuan, data angka dalam statistik, berbagai macam contoh, dan objek faktual yang menjadi sumber bagi seseorang yang ingin memberikan informasi untuk memperkuat pernyataannya atau tuntutannya.

Penjelasan Lanjutan


Dalam ilmu komputer kata referensi mengacu pada nilai yang menjalankan program untuk mengakses secara tidak langsung suatu datum (kata tunggal dari data) tertentu seperti nilai suatu variable atau sebuah rekaman di dalam memori komputer atau alat penyimpanan lainnya

Dalam dunia desain produk referensi mengacu pada cetak biru teknis dari suatu sistem yang dimaksudkan untuk disalin oleh orang lain. Referensi ini memiliki elemen penting dari suatu sistem, dan pihak ketiga dapat dimungkinkan menambah atau memodifikasi desain sesuai kebutuhan.

Dalam dunia kepustakaan meja referensi merupakan kata lain dari meja informasi yang berarti tempat layanan bagi orang umum yang memberikan pengguna perpustakaan pengarahan bagi yang mencari material tertentu di perpustakaan.

Penutup


Demikianlah penjelasan artikel ini tentang pengertian referensi dan arti kata referensi beserta penjelasannya dari berbagai sumber. Semoga informasi diatas bisa menjadi sumber wawasan dan berguna bagi kita semua. Kurang lebihnya mohon maaf sekian terimakasih…

Daftar Pustaka

Posting Komentar untuk "Apa itu Referensi? Berikut Pengertian Referensi dan Artinya"