Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Pengertian Koheren? Berikut Penjelasan Lengkapnya


Apa Itu Pengertian Koheren? Berikut Penjelasan Lengkapnya


Kadang kadang saat kita membaca suatu buku atau karya tulis fiksi maupun ilmiah bisa ditemukan kata koheren. Tentu saja tampaknya kita mengetahui arti kata tersebut. Tetapi jika ditanya lebih lanjut, mungkin kita juga akan kebingungan terkait makna dan arti kata sebenarnya dari kata ini. Maka dari itu dalam artikel ini kita akan membahas tentang pengertian koheren, penjelasannya beserta contoh penggunaannya dalam kalimat.

Pengertian Koheren


Menurut kamus besar bahasa indonesia atau KBBI Kohoren adalah sebuah kata benda atau nomina yang berarti “ Berhubungan atau bersangkut paut”. jika kita ingin menggunakannya dalam kalimat contohnya adalah sebagai berikut: “sistem pendidikan harus memiliki sistem yang logis dan koheren agar menjadi lebih baik”. arti dari kalimat tersebut adalah sistem pendidikan yang logis dan salin berhubungan penting agar sistem pendidikan ini menjadi lebih baik.

Contoh kalimat berikutnya :” Peningkatan penggunaan bahan bakar minyak tidak koheren dengan tingginya pendapatan bersih seseorang” artinya pemakaian bahan bakar minyak yang semakin meningkat tidak memiliki hubungan atau tidak berhubungan dengan pendapatan yang diperoleh oleh seseorang.


Pembahasan Lanjutan


Menurut kamus merriam-webster, arti kata koheren adalah 1. secara Logis Estetis tersusun atau terintegrasi 2. Memiliki Kejelasan atau sesuatu yang dapat dimengerti 3. Memiliki kualitas kebersamaan. Contoh penggunaannya dalam kalimat adalah “ dia mengajukan rencana yang koheren untuk meningkatkan pendidikan” artinya “dia” memiliki rencana yan berhubungan satu denan lainya yang diajukan untuk meningkatkan pendidikan

Contoh kalimat lainnya adalah “ mereka mampu berfungsi sebagaimana kelompok yang koheren” artinya “mereka” memiliki kemampuan sehinga mampu berfungsi sebagaimana suatu kelompok yang saling berhubungan atau terintegrasi satu sama lain.

Etimologi kata Koheren


Bahasa Inggris dari kata koheren adalah “Coherent”, kata ini berasal dari kata bahasa perancis abad pertengahan yang berasal dari latin “cohaērēns” dari dua gabungan CO dan Haereo. Co merupakan prefix yang digunakan sebelum vokal. Sedangkan Haereo bisa ditelusuri dari Proto-italic Haizeo yang asal katanya belum diketahui lagi, tetapi kata ini diduga berasal dari kata proto indo european yang bermakna untuk melekat, untuk di tetap pada sesuatu.

Perbedaan Makna Koheren Dalam Berbagai Bidang Ilmu


Dalam pengukuran, sebuah sistem koheren dari satuan adalah sistem satuan yang didasarkan pada sistem kuantitas yang sedemikian rupa sehingga persamaan diantara nilai nimerik diekspresikan atau dituliskan dalam satuan sistem yang memiliki bentuk yang sama termasuk faktor angka sebagai sebagai persamaan diantara kuantitas.

Dalam pengukuran juga, Satuan turunan koheren adalah satuan turunan yang pada sistem dengan jumlah yang telah ditentukan satuan dasarnya merupakan produk dari tingkatan satuan dasar dengan faktor yang secara proporsional menjadi satu.

contoh satuan internasional yang koheren adalah gaya (newton) = Massa (kilogram) dikali percepatan (m/s kuadrat), energi (joules) = gaya (newtons) × jarak (metres), daya(watts) = energi (joules) ÷ waktu (seconds), potensial (volts) = daya (watts) ÷arus listrik (amps). dan seterusnya. Terlihat bahwa satuan satu saling berhubungan dengan satuan lainnya. Tentu saja contohnya masih banyak lagi terkait satuan yang saling berhubungan.

Dalam bidang fisika, koherensi mendeskripsikan semua properti yang saling bergubungan antara kuantitas fisik dari satu gelombang atau antara beberapa gelombang / paket gelombang. Dalam bidang gisika dua buah sumber gelombang dikatakan koheren apabila frekuensi dan bentuk gelombangnya identik dan beda fase nya adalah kontant. Koherensi juga merupakan properti ideal dari gelombang yang memungkinkan interferensi stasioner.

Koherensi dalam bidang statistik adalah indikasi dari kualitas infomasi baik itu dalam satu set data atau diantara set data yang serupa tetapi tidak identik. Data yang koheren sepenuhnya berarti secara logis konsisten dan bisa dipercaya untuk analisis.

Dalam pengambilan sampel matematika, istilah koheren sampling mengacu pada hubungan tertentu antara frekuensi masukan, frekuensi contoh, angka dari siklus set sampel, dan jumlah dari sampel. 

Penutup


Demikianlah artikel tentang pengertian koheren beserta penjelasan dan contoh soalnya, mudah mudahan menjadi salah satu informasi yang berguna bagi kita semua. Sekian dari kami, kurang lebihnya mohon dimaafkan, terimakasih.


Posting Komentar untuk "Apa Itu Pengertian Koheren? Berikut Penjelasan Lengkapnya"