Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Promo Toko Baru

Promo Toko Baru
Promo Sepatu

Promo Toko Baru

Promo Toko Baru
Promo Baju Lengan Panjang

Apa itu Fleksibel? Berikut Pengertian Fleksibel dan Arti fleksibel

Apa itu Fleksibel? Berikut Pengertian Fleksibel dan Arti fleksibel

Apa itu Fleksibel? Berikut Pengertian Fleksibel dan Arti fleksibel


Pada artikel ini kita akan membahas tentang pengertian fleksibel dan berbagai macam kata yang melingkupinya, seperti sinonim, antonim, dan arti kata fleksibel dengan tambahan imbuhan kata lainnya serta contoh penggunaan kata fleksibel dalam kalimat.

Pengertian Fleksibel dan Arti Katanya


Fleksibel adalah sebuah kata yang berarti 1. lentur; mudah dibengkokkan 2. luwes; mudah dan cepat menyesuaikan diri. Dalam arti tidak mudah dibengkokkan hal tersebut juga berarti tidak rusak atau patah saat dibengkokkan. Fleksibel termasuk dalam golongan kata sifat atau adjektiva. Sinonim padanan kata fleksibel diantaranya adalah elastis, kenyal, lenting, lemas, laur, plastis, lentuk, luwes, plastis adaptif. Sedangkan antonim atau lawan kata dari fleksibel adalah kaku. Kaku sendiri adalah kata yang memiliki arti kejur kejang, keras tidak dapat dilentukan.

Contoh penggunaan arti kata fleksibel adalah: Perusahaan yang tidak fleksibel dalam melihat persaingan pasar akan sukar berkembang menjadi lebih besar. Artinya perusahaan itu tidak mudah dan cepat menyesuaikan diri dalam melihat persaingan pasar, sehingga bisa jadi perusahaan tersebut bangkrut karena terlambat melihat peluang pasar.

Menurut kamus cambridge, arti fleksibel adalah kemampuan untuk berubah atau bisa dirubah dengan mudah sesuai dengan situasi. Contoh penggunaan kata ini adalah: Jadwal kegiatan saya fleksibel, sehingga saya bisa mengatur pertemuan dengan kamu kapanpun pada minggu depan.

Menurut kamus Merriam-Webster arti fleksibel adalah dicirikan oleh kemampuan siap untuk beradaptasi dengan persyaratan baru, berbeda, atau berubah. Contoh penggunaan kata ini adalah: kebijakan luar negeri yang fleksibel mampu menjadikan negara tersebut bisa beradaptasi di lingkungan negara lain dengan baik.

Menurut Lexico sebuah fasilitas kamus yang didukung oleh Oxford, fleksibel artinya kemampuan untuk ditekuk dengan mudah tanpa rusak. Contoh penggunaan kata ini adalah: Produk dari perusahaan itu mampu membuat segelan air yang fleksibel terbuat dari bahan dasar karet. Fleksibel berasal dari kata bahasa perancis kuno atau dari bahasa latin yatu flexibilis, dari kata flectere yang berarti menekuk sesuatu.

Kata yang dikembangkan dari kata fleksibel adalah kata fleksibilitas. Kata ini termasuk dalam golongan nomina atau kata benda. Fleksibilitas artinya adalah kelenturan, penyesuaian diri, keluwesan, atau ketidakcanggungan. Contoh penggunaan kata ini dalam kalimat adalah: Untuk bisa bagus dalam melakukan senam, maka tubuh seseorang harus memiliki fleksibilitas yang tinggi.

Menurut kamus Cambridge, fleksibilitas adalah kualitas kemampuan untuk bisa berubah atau dirubah dengan mudah tergantung pada situasi yang ada. Contoh penggunaan kata ini dalam kalimat adalah: Peraturan yang baru membuat pemilik kendaraan bisa memiliki fleksibilitas untuk mengurangi target polusi

Menurut kamus Lexico Oxford, fleksibilitas adalah kualitas untuk bengkok dengan mudah tanpa rusak. Arti kata tersebut bisa dikembangkan menjadi a. kemampuan untuk dirubah dengan mudah, contoh kalimatnya: saya senang dengan fleksibilitas jadwal saya. Dan b. kesediaan untuk berubah atau kompromi, contoh kalimatnya adalah: pemerintah harusnya menunjukan fleksibilitas dalam melaksanakan setiap kebijakannya.

Berbagai Istilah Fleksibel dari berbagai konteks


Fleksibelitas dalam bidang anatomi adalah sebuah istilah yang berarti rentang kemampuan gerak sendi atau serangkaian sendi dan panjang dalam otot yang melintasi sendi yang memberikan gerak. Fleksibilitas otot berbeda beda setiap individu dan kemampuan ini bisa bertambah dengan melakukan latihan peregangan. Kata lain untuk fleksibilitas adalah kelenturan.

Fleksibilitas dalam psikologi adalah deskripsi untuk sifat sifat kepribadian yang menunjukan seseorang dapat mengatasi perubahan keadaan dan memikirkan masalah dan tugas dengan cara cara baru yang kreatif.

Kognitif Fleksibilitas adalah kemampuan mental seseorang yang bisa berpindah dari konsep pemikiran satu ke konsep lainnya dan secara simultan bisa memikirkan kedua konsep atau lebih tersebut secara bersamaan

Fleksibilitas dalam dunia teknik digunakan untuk menyatakan suatu sistem desain dapat beradaptasi saat perubahan luar terjadi. Metode Fleksibilitas dalam teknik bangunan adalah sebuah metode tradisional untuk menghitung gaya per bagian dan pergeseran didalam sistem struktur. Nama lain dari metode ini adalah metode deformasi konsisten. Contoh fleksibilitas dalam dunia teknik lainnya adalah, fleksibilitas mesin, fleksibilitas penanganan material, fleksibilitas produk, fleksibilitas proses, fleksibilitas operasi dan lain sebagainya.

Pembelajaran Fleksibel adalah prinsip dari latihan dalam pendidikan formal mengedepankan syarat peningkatan fleksibilitas dari waktu belajar, lokasi belajar, proses mengajar, proses sertifikasi dan proses penilaian.

Alajbar fleksibel adalah istilah dalam matematika khususnya aljabar abstrak operasi biner pada suatu himpunan bersifat fleksibel jika memenuhi identitas fleksibel. Demikian pula aljabar nonasosiatif fleksibel jika operator multiplikasinya juga fleksibel

Penutup


Demikian lah artikel tentang pengertian arti fleksibel, berdasarkan kbbi dan kamus luar negeri, contoh kalimatnya, serta berbagai istilah lainnya yang melingkupi kata fleksibel. Semoga artikel ini bisa memberikan pemahaman dan informasi yang berguna bagi teman teman semua. Kurang lebihnya mohon maaf, sekian terimakasih.

Sumber : 

KBBI ( Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Posting Komentar untuk "Apa itu Fleksibel? Berikut Pengertian Fleksibel dan Arti fleksibel"