Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Arti Candid dalam Fotografi? Berikut Penjelasannya

Foto Candid

Apa Arti Candid dalam Fotografi? Berikut Penjelasannya


Dalam dunia media sosial sering kita menjumpai istilah foto Candid. Terutama pada media sosial berbasis gambar. Seiring meningkatnya penggunaan media sosial ini maka banyak yang semakin sering mendengar kata ini. Sebenarnya apa arti kata foto candid dan bagaimana hasil fotonya? Apakah sama dengan foto foto lainnya? Maka dari itu dalam artikel ini kita akan membahas tentang pengertian arti candid dalam fotografi beserta penjelasannya yang lengkap

Pengertian Foto Candid


Dalam dunia fotografi candid artinya adalah foto yang ditangkap / diambil tanpa membuat pose atau “gaya” pada penampilan. Ciri dari foto candid adalah sebuah foto yang diambil tanpa sepengetahuan objek, jadi objek foto tidak menyadari kehadiran kamera dan tidak mengetahui dirinya diambil fotonya. Selain itu objek foto yang diambil tidak memberikan izin sebelumnya untuk diambil fotonya. Dengan demikian bagian penting dari foto candid adalah minimnya posing atau tampil apa adanya dalam hasil fotonya. Foto Candid juga di samakan dengan fotografi rahasia (secret Photography)

Metode Candid Photography


Cara untuk memperoleh foto ini adalah salah satunya adalah A. ketika subjek yang akan difoto dalam kondisi bergerak atau beraktifitas. B. menghindari persiapan atau ancang ancang subjek ketika akan difoto C. Gambar diambil dengan cara mengejutkan tanpa terduga D. Tidak menganggu aktifitas atau kegiatan subjek foto selama proses pengambilan gambar

Arti foto candid ini sebenarnya sering disalah artikan dengan cara seseorang sengaja memberitahu pengambil foto untuk mengambil fotonya atau meminta seseorang mengambil foto saat dirinya sedang melakukan sesuatu atau aktifitas dalam pose yang biasa atau alami seakan akan tidak menyadari kehadiran kamera atau tidak menyadari saat akan diambil fotonya. Cara seperti ini sebenarnya berbeda dengan arti foto candid yang sesungguhnya

Seni dalam Foto Candid Yang Sesungguhnya


Mengambil gambar yang bagus dengan subjek yang tidak sadar dirinya di foto bukanlah hal yang mudah. Maka dari itu jika seseorang fotografer mampu mengambil foto dengan baik saat subjek tidak menyadarinya maka hasil foto tersebut merupakan karya seni yang tinggi. Jadi seseorang yang menjadi fotografer bisa menghasilkan karya seni dan bisa dianggap sebagai seniman.

Beberapa Fotografer Profesional mampu mengembangkan foto Candid biasa dengan standar seni yang tinggi. Dan salah satu seorang yang dianggap sebagai Ahli seni dalam fotografer Candid adalah Henri Cartier-Bresson. Henri adalah seorang pria kebangsaan perancis yang merupakan salah satu pengguna awal lembaran film 35mm. Henri juga merupakan pionir dalam aliran fotografi jalanan dan hasil fotonya dilihat sebagai pengambil beberapa momen yang terjadi dalam kehidupan sehari hari selama beberapa dekade. 

Selain Henri terdapat juga nama ahli fotografi Candid bernama Arthur Fellig yang juga biasa dipanggil “Weegee”. Ia terkenal karena mengambil karya fotonya seputar kehidupan jalanan di kota New York yang kadang menggambarkan sisi kehidupan liar antara hidup dan mati.

Hampir Setiap fotografer yang mampu melahirkan karya karya candid yang bagus, juga merupakan ahli dalam membuat orang orang merasa tidak tertekan dengan keberadaan kamera, menjadikannya releks dan santai. Mereka yang ahli dalam foto Candid juga merupakan seseorang yang mampu berbaur di tengah keramaian. Sehingga seseorang subjek foto yang akan diambil gambarnya menjadi sealami mungkin saat sedang melakukan kegiatan atau aktifitasnya.

Bisa dikatakan bahwa foto candid adalah sebuah karya fotojurnalistik. Karena perbedaan tipis diantara keduanya yang hampir samar antara satu dengan yang lain. Foto jurnalistik juga bisa dikatakan sebagai foto yang dapat menceritakan cerita dalam suatu gambar, sedangkan foto Candid secara sederhana diartikan mengambil kehidupan seseorang saat melakukan kegiatan dan aktifitasnya.

Peralatan Kamera Candid


Jika ingin mengambil hasil foto Candid yang natural dan dalam arti yang sebenarnya, maka kamera yang digunakan juga memiliki kekhasan tersendiri, walaupun hanya sebagai saran dan tidak mengikat. Kamera yang digunakan dalam foto jenis ini biasanya berukuran kecil dan berwarna hitam untuk menghindari terganggunya subjek foto dengan kehadiran kamera.

Foto Candid biasanya memerlukan pencahayaan yang tersedia di tempat tanpa menggunakan lampu kilat (flash) yang mungkin bisa memberitahu subjek foto tentang keberadaan kamera sehingga aktifitas natural mereka menjadi terganggu dengan mengetahui seseorang yang ingin mengambil fotonya. Untuk itu biasanya foto Candid diambil saat berada di luar ruangan dengan pencahayaan yang cukup. 

Jika harus dalam ruangan maka diperlukan sensor penangkap gambar yang lebih sensitif akan cahaya (ISO). pada zaman awal fotografi, sensitifitas memang menjadi kendala, tetapi saat ini dengan menggunakan kamera digital maka menjadi lebih mudah, salah satunya dengan keberadaan Kamera DSLR dengan ISO yang tinggi serta hasil gambar yang lebih jernih.

Pembahasan Lanjutan


Orang pertama yang secara umum diakui sebagai fotografer yang melakukan foto jenis ini adala Dr Erich Salomon. Dr Erich adalah seseorang fotografer asal Jerman yang bekerja sebagai pengambil foto untuk berita. Subjek fotonya terutama kaum dengan status sosial elit di Kota Berlin, Jerman. Diantaranya kalangan politisi dan diplomat dari berbagai asal yang berbeda. Fotografinya dimulai selama rentang waktu 1920 an akhir hingga 1930 an awal dengan menggunakan lembaran kaca, atau dalam potongan dan juga lembaran dengan kamera yang dinamakan Ermanix dilengkapi Ernostar Lensa f/1.8. Alat foto Ermanox dikenalkan oleh Ernemann-Werke di Dresden, Jerman pada tahun 1924.

Karena penting nya foto foto karya Dr Erich Salomon, salah satu menteri dari negara perancis mengatakan bahwa terdapat tiga hal yang penting dari suatu Konferensi Liga Bangsa Bangsa. Yaitu Serketaris Negara Asing, Sebuah Meja, dan Salomon. Dengan melihat hasil fotografi salomon, tampak sangat berbeda jika dibandingkan dengan fotografi tradisional di masanya, termasuk cara pose subjek fotografi, studio potret, formalitasnya, penggunaan serbuk lampu kilat, pemilihan saat foto dalam banyak orang sampai seseorang editor berbahasa inggris menyebut hasil fotografi ini sebagai Foto Candid. Sebuah istilah yang sampai sekarang masih dipakai. Walaupun masih belum jelas siapa yang menyebutnya pertama kali

Sebenarnya kenapa Foto tersebut menggunakan kata Candid mungkin bisa diambil dari asal bahasanya yaitu “Candid” yang menurut kamus cambridge adalah jujur dan apa adanya terutama tentang sesuatu yang dalam kondisi sulit atau menyakitkan. Untuk itu foto Candid bisa diartikan secara kasar sebagai Foto yang apa adanya.

Penggunaan Kamera yang cocok dengan gaya Salomon sebagai salah satu kamera Candid pertama adalah “Leica”, sebuah kamera yang didesain dari Oscar Barnack dan diperkenalkan oleh perusahaan Ernst Leitz pada tahun 1924 yang menjadi cikal bakal kamera 35 mm pada masa sekarang

Penjelasan Istilah lainnya


Fotografi Jalanan atau Street Photgraphy biasanya juga disebut dengan Candid Fotografi walaupun hasil foto bisa dikategorikan sebagai keduanya. Disebut juga sebagai karya seni fotografi yang hasil fotonya menangkap momen momen langka dan biasanya juga tidak ditebak di tempat umum. Perbedaan tipisnya terletak pada lingkungan tempat foto diambil

Snapshot fotografi secara umum hampir memiliki definisi serupa tetapi foto snapshot tidak memperhitungkan hasil fotonya menjadi karya seni atau tujuan jurnalistik, murni karena menangkap momen yang terjadi secara spontan atau tidak sengaja terjadi. Biasanya foto snapshot memiliki hasil foto yang kurang bagus tergantung keahlian sang fotografer.

Vernacular Fotografi berbeda dengan foto candid walaupun keduanya mengambil hasil foto dari kegiatan seseorang sehari hari di lingkungan. Biasanya saat berwisata, foto keluarga, atau foto sejenisnya. Bedanya foto dengan Candid, Vernacular kadang membuat subjek foto sadar akan kehadiran kamera.

Penutup


Demikianlah Artikel tentang pengertian dari Arti Candid dalam dunia fotografi. Walaupun sudah mulai kehilangan maknanya dikalangan pengguna sosial media saat ini, foto Candid bisa menjadi sebuah karya seni yang luar biasa oleh ahli fotografer. Semoga informasi dalam artikel ini menjadi salah satu penambah wawasan kita tentang makna Candid itu sendiri. Kurang Lebihnya mohon maaf sekian terimakasih.

Posting Komentar untuk "Apa Arti Candid dalam Fotografi? Berikut Penjelasannya"