Halaman

Social Items

Vanaprastha Gedong Songo Park : Hutan Pinus Di Tengah Kawasan Candi

Nama Vanaprastha mungkin belum banyak diketahui orang. Bahkan baru sedikit yang mengetahui bahwa obyek hutan pinus ini berada di Kawasan Situs Bersejarah Candi Gedong Songo, Bandungan. Bagi kamu yang ingin mencari ketenangan batin
aku saranin sih harus banget mencoba datang ke Vanaprastha Park ini. Tapi boleh juga kok kalo kamu cuma mau sekadar foto-foto aja. Karena, di area obyek ini memang disediakan spot untuk foto salah satunya ialah intsalasi yang berada di atas pohon. Jika kamu berniat ingin kemari ada baiknya kamu membaca informasi yang akan aku berikan berikut ini.

Sejarah Vanaprastha Gedong Songo Park

Di Vanaprastha terdapat tiga buah rumah heritage yang berarsitektur vintage. Salah satunya ialah sebuah rumah yang seluruhnya terbuat dari kayu jati berumur lebih dari satu abad. Pada masa lalu, rumah ini digunakan sebagai kantor resmi Kehutanan pemerintahan Hindia Belanda. Dari beberapa lokasi hutan Jati yang ada di Jawa, Perum Perhutani kemudian memindahkan tiga unit rumah tersebut ke kompleks Candi Gedong Songo. Bukan tanpa kebetulan melainkan untuk keperluan kepariwisataan, selain itu Perum Perhutani Unit Jawa Tengah merupakan salah satu pengelola cagar budaya Candi Gedong Songo.

Dengan suhu udara rata-rata 19 sampai 27 derajat celcius dan berada pada ketinggian 1.200 meter diatas permukaan laut. Taman wisata yang didirikan semenjak tahun 2010 yang lalu memang diperuntukkan bagi pengunjung yang ingin merasakan ketenangan batin, juga melakukan beberapa aktivitas outdoor serta menelusuri situs bersejarah yang ada.

Sedikit informasi saja kawasan Vanaprastha yang terletak di Kawasan Lereng Gunung Ungaran yang memiliki banyak pohon pinus ini konon kabarnya, memiliki bionenergi terbaik di Asia. Hal tersebut diungkapkan oleh Dr. Jenneth, seorang pengusaha yang memiliki banyak jaringan usaha di Eropa dan juga Australia. Ia berpendapat bahwa bionergi di kawasan sekitar Gunung Ungaran lebih baik dibandingkan bioenergi yang terdapat di  pegunungan Tibet. Ia sendiri pernah berkeliling  Asia untuk  menghirup energi yang bersih dan menurutnya di kompleks  inilah, ia menemukan bioenergi yang terbaik.

Fasilitas Vanaprastha Gedong Songo Park

Obyek ini memiliki fasilitas seperti villa, camping ground, spot foto, hutan pinus, playground untuk anak-anak, gazebo dan beberapa kursi yang dapat kamu gunakan untuk ngobrol, sekedar duduk, mendengarkan lagu, membaca buku atau apapun itu sambil menikmati udara sejuk serta memandangi hutan pinus yang cantik.

Terdapat empat villa di lokasi ini diantaranya yaitu villa kamar, villa cempaka, villa teratai dan juga villa kenanga. Jika kamu ingin menginap di villa ini jangan lupa untuk menghubungi pengelola terlebih dahulu ya. Tapi, jika kamu sekadar ingin bertamasya saja kamu hanya boleh melihat villa ini dari luar saja sambil berswafoto pastinya. Di samping villa terdapat beberapa gazebo yang bisa kamu gunakan untuk melakukan aktivitas seperti yoga dan juga meditasi

Vanaprastha ini biasanya bisa digunakan untuk berbagai aktivitas lain lho, seperti misalnya foto pre-wedding, retreat, gathering, dan masih banyak lagi. Pengelola juga terus mengupayakan untuk bisa meningkatkan fasilitas untuk memperindah kawasan Vanaprastha ini.

Lokasi Vanaprastha Gedong Songo Park

Karena kompleks Vanaprastha masih menjadi satu dengan kawasan Candi Gedong Songo maka akses menuju tempat inipun sama. Aku akan bantu menjelaskan khusunya apabila kamu belum pernah bertandang kemari atau berasal dari luar kota. Untuk sampai ke Candi Gedong Songo sebenarnya dapat di tempuh dari rute manapun. Mau kamu dari arah Yogyakarta, Solo, Kendal, Semarang, Jakarta tinggal ikuti petunjuk di GPS mu saja. Perhatikan baik-baik arahanku ya.

Kalau kamu berangkat  arah Yogyakarta atau Magelang, silahkan mengambil jalur lurus jalan Provinsi hingga sampai di Ambarawa. Disini kamu akan tiba di  sebuah pertigaan depan sebuah toko roti bernama Pauline. Pertigaan Pauline ini juga berfungsi sebagai tempat mangkal angkutan umum ke arah  Bandungan dan Sumowono. Jadi semisal kamu adalah seorang backpacker kamu bisa naik angkutan mulai dari sini dan turun di SPBU Palbapang. Dari pertigaan ini  pilih rute jalur kiri kemudian lurus hingga sampailah kamu di SPBU Palbapang. Nah sampai di sini kamu akan bertemu dengan pertigaan kembali, pilih arah kanan terus lurus saja mengikuti jalan dan kamu akan sampai di tempat tujuan, yaitu kompleks Candi Gedong Songo tempat Vanaprastha Park berada.

Sedangkan bila kamu berangkat dari arah Solo, kamu cukup ikuti saja rute jalan yang mengarah ke Semarang hingga sampai di terminal Bawen. Disini akan ada sebuah pertigaan jalan, ambil rute jalur kiri yang mengarah ke Ambarawa hingga tibalah kamu di depan toko roti Pauline lalu ikuti petunjuk diatas, rute yang akan kamu tempuh sama seperti wisatawan yang berasal dari Yogyakarta atau Magelang.

Jika kamu berasal  dari arah Kendal, Pekalongan, maupun Jakarta atau sekitarnya kamu bebas memilih mau mengikuti rute yang mana karena ada dua rute yang bisa kamu tempuh. Rute yang pertama adalah kamu cukup dengan melewati pertigaan Kaliwungu, Kendal menuju jalur arah ke Sumowono. Jika sudah tiba diperempatan lampu merah daerah Boja maka pilihlah lajur arah kiri tiba di perempatan, kemudian kamu bisa ambil lajur kanan ke arah Sumowono. Jika sudah tiba di daerah Sumowono tepatnya di pertigaan Pasar Sumowono, kamu harus mengambil arah lurus kedepan jangan sampai belok ke arah kanan lho ya karena itu merupakan  jalur kea rah  Temanggung. Terus lurus saja hingga sampai di SPBU Palbapang, pilih jalur arah kiri ketika berada di pertigaan. Tak lama lagi kamu akan segera sampai di kompleks cagar budaya Gedong Songo.

Rute kedua  yang dapat kamu gunakan adalah dengan melewati Semarang. Ikuti saja jalan Provinsi arah menuju Solo atau Yogyakarta hingga tibalah kamu di  SPBU  Lemah Abang. Kamu cukup berputar arah di depan kantor BPJS Ketenagakerjaan tak jauh dari SPBU tersebut, pilih lajur kanan yang mengarah ke Bandungan yang mana terdapat gang bertuliskan “Selamat Datang Di Kawasan Wisata Candi Gedong Songo”. Sesampainya dipertigaan Bandungan, kamu bisa mpilih rute sebelah kanan, dan  hanya beberapa meter kedepan hingga bertemu lagi dengan sebuah pertigaan. Pilih arah kiri kemudian lurus saja hingga SBPU Palbapang Disana akan ada pertigaan lagi, pilih rute sebelah kanan kemudian lurus ke depan hingga sampai di tempat tujuan.

Untuk tips dan trik serta siasat jalur alternatif yang bisa kamu tempuh bisa simak penuturan aku di postingan TamanBunga Celosia : Nuansa Eropa di Tanah Jawa ya. Disana aku kupas tuntas deh.

Harga Tiket Masuk Vanaprastha Gedong Songo Park

Untuk memasuki kawasan Candi Gedong Songo sendiri , kamu akan  dikenakan biaya masuk sebesar Rp 8.000 dan untuk masuk ke Vanaprastha Park kamu akan dikenakan lagi biaya masuk hanya sekitar Rp 5.000 saja. Vanaprastha sendiri buka setiap hari mulai jam 08.00 hingga jam 18.00

Jika kamu berniat untuk menyewa villa, harga sewa per malamnya untuk Villa Kenanga dan Villa Cempaka Rp 1.200.000  dan untuk Villa Teratai Rp 2.000.000. Adapula Villa kamar yang dapat kamu sewa dengan harga yaitu  sekitar Rp 300.000 saja. Kapasitas  Villa Teratai bisa menampung untuk satu keluarga besar, di Villa ini telah tersedia dua kamar tidur dengan ranjang besar, juga terdapat ruangan yang cukup luas.

Itu tadi penjelasan mengenai obyek wisata Vanaprastha Gedong Songo Park semoga bisa menjadi panduan bagi kamu yang ingin menghabiskan waktu di sini. Semoga artikel ini bermanfaat yah. Samapi jumpa dengan Annisa di cerita berikutnya.