Halaman

    Social Items


Taman Bunga Celosia : Nuansa Eropa di Tanah Jawa

Beberapa waktu yang lalu, aku dan keluarga menyambangi obyek wisata yang letaknya tepat di dekat gerbang utama sebelum masuk ke Kawasan Candi Gedong Songo. Berawal  dari rencanaku untuk  menemani Ibu berburu tanaman hias di Bandungan, kami malah berhenti di obyek wisata yang satu ini. Kata Ibu “ndak apa-apa to sekalian refreshing, kapan lagi bisa jalan-jalan begini” ucapnya dengan bahasa percampuran khas
orang Semarang. Aku hanya manggut-manggut saja, pokoknya Asal Ibu Senang. Sebenarnya ini bukan kali pertama bagi kami datang ke obyek ini, hanya saja karena pengelola taman bunga ini terus berinovasi dan menciptakan banyak ide-ide baru yang segar untuk terus menjadi yang terdepan, membuat kami secara tidak langsung harus menilik apa saja yah yang baru dari obyek yang tak pernah sepi di datangi pengunjung ini. Nah, oleh karenanya aku ingin berbagi informasi saat aku berkunjung ke Taman Bunga Celosia ini kepada kalian semua.Simak ya.


Konsep Taman Bunga Celosia


Taman bunga ini awalnya berkonsep memadukan antara taman bunga dan juga landmark  dunia seperti Menara Eiffel, Patung Merlion, Kincir Angin dan masih banyak lagi. Di awal pembukaannya taman bunga ini langsung ramai diserbu pengunjung, hal ini dikarenakan Taman Bunga Celosia dianggap memilki konsep yang instagram-able. Maklum saja semua orang di jaman sekarang senang berfoto dan mengunggahnya ke media sosial terlebih lagi di dukung dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi. Semua serba cepat, semua serba cekrek langsung upload. 

Melihat animo masyarakat yang besar mengenai taman bunga ini, tampaknya pengelola ingin berinovasi maka dibukalah Celosia 2 yang berkonsep sama namun  lebih banyak menghadirkan spot selfie. Bahkan terdapat satu instalasi yang berisi berbagai macam konsep dan desain yang pastinya ditujukan untuk semua pengemar foto diri, misalnya saja ada spot seperti rumah terbaik, mandi bola, lampu neon aesthetic, bahkan seolah berada di atas awanpun semuanya ada. Tidak perlu khawatir jika menemui spot foto yang sekiranya membuatmu bingung, karena di setiap spot-nya diberi petunjuk bagimana cara pengambilan foto yang benar untuk konsep tersebut. Celosia 2 ini bisa dibilang lebih luas dibandingkan Celosia yang pertama. Di Celosia 2 ini kamu juga bisa lho bergaya ala Oppa dan Eonnie Korea, karena di sini disewakan pula Hanbok atau baju tradisional Korea, kamu bisa berfoto layaknya sedang berada di Negeri Gingseng tersebut. Tidak hanya Little Korea tapi ada juga beberapa konsep negara lain yang bisa kamu coba kunjungi

Setelah sukses dengan dua taman bunga nya kini juga telah hadir Celosia 3. Bisa dibilang pengelola Celosia ingin menancapkan eksistensi sebagai taman bunga terbesar se-Jawa Tengah. Celosia 3 memilki konsep taman lampion dan juga konsep negara yaitu Little Amsterdam. Sama seperti di Celosia 2 dimana kamu bisa menyewa Hanbok, di Celosia 3 kamu juga bisa lho menyewa Klederdracht atau baju tradisonal Belanda lengkap dengan topi cantik dan keranjang bunga. Bahkan di malam hari kamu bisa menikmati Celosia Happy Night dimana kamu bisa merasakan suasana jalanan kota di negara – negara Eropa sambil ditemani lampu – lampu indah dan juga lampion. Indah sekali kan? Ditambah, hawa sejuk dan dingin Bandungan, sayang banget deh kalo sampe nggak kesini.



Lokasi Taman Bunga Celosia


Jika kamu ingin datang kemari ada baiknya kamu harus memperhatikan arahan ini yah terutama bagi kamu yang sama sekali belum pernah menjajakan kaki di Bandungan. Cukup andalakan GPS di smartphone kamu dijamin deh dengan mudah kamu akan langsung menemukan lokasi taman bunga yang super hits ini. 

Jika kamu melakukan perjalanan dari arah Semarang pilihlah arah jalan ke arah Jogja atau Solo,  terus saja ikuti jalan Provinsi hingga sampai di SPBU Lemah Abang maju sedikit untuk putar arah di depan kantor BPJS Ketenagakerjaan, turun sedikit lalu belok kiri ke gapura Lemah Abang dimana terdapat  tulisan besar yaitu “Selamat Datang Di Kawasan Wisata Candi Gedong Songo” dan juga terdapat baliho besar Candi Gedong Songo yang dapat memudahkan kamu menemukan lokasi gapura ini. Ikuti saja jalan tersebut hingga akhirnya kamu sampai di Pasar Bandungan. Dari Pasar Bandungan lurus sedikit lalu belok kanan, sampai di dekat Rumah Makan Rina Rini belok kiri, lurus saja sampai ada pertigaan setelah SPBU Palbapang Sumowono. Dari pertigaan SPBU tadi ambil arah kanan, tidak lama kamu  sudah sampai di Taman Bunga Celosia.

Apabila kamu berasal dari Temanggung atau Kendal dan memilih rute via Sumowono kamu cukup ikuti jalan seperti biasa hingga kamu tiba di SPBU Palbapang Sumowono. Segera ambil arah kiri menuju Taman Bunga Celosia yaaah.

Jika kamu berasal dari Jogja dan mengambil rute Ambarawa via kota. Sesampainya di depan Toko Roti Pauline Ambarawa segeralah ambil arah  kiri naik terus hingga pertigaan depan Kantor Camat Ambarawa. Ambil lagi arah kiri ikuti terus jalan tersebut hingga sampailah di Rumah Makan Rina Rini, lanjutkan perjalananmu dengan belok kiri, arah selanjutnya sama seperti mereka wisatawan yang berasal dari arah Semarang.

Perlu dijadikan catatan yah bahwa di akhir pekan atau di hari libur, perjalanan menuju obyek wisata ini sangat padat bahkan seringnya sih  macet total. Jadi jika kamu ingin kesana pastikan datang di hari dan waktu yang tepat. Jika memang harus datang saat akhir pekan atau hari libur pastikan kamu datang lebih awal. Karena jika meleset sedikit saja bisa bisa waktu kamu habis di jalan. Biasanya sekitar pukul 9 rute menuju beberapa obyek  wisata di Bandungan sudah mulai macet.

Tidak perlu khawatir jika kamu datang terlalu pagi, kamu bisa kulineran dulu di sekitar pasar Bandungan. Ada bubur yang unik banget yaitu Bubur Opak. Opak adalah sejenis camilan seperti kerupuk berasal dari singkong. Nanti Opak tersebut akan dijadikan alas buburnya bisa berfungsi sebagi piring sekaligus sendoknya juga lho. Buburnya dimakan dengan sayur, pecel dan juga gorengan. Waaah, enaknyaaa Gimana? Pengen kan? Makanya cobain yuk sini datang ke Bandungan, Kabupaten Semarang.

Untuk rute pulangnya kamu bisa menghindari macet dengan memilih jalur alternatif tapi dengan catatan kamu harus menempuh rute jauh yah, bisa dibilang kamu akan jadi “Si Bolang” hanya untuk terbebas dari kemacetan. Saat kamu akan pulang, jika posisimu berada di depan SPBU Palbapang Sumowono kamu terus saja, beberapa meter nanti akan ada sebuah gang di sebelah kanan jalan, dimana terdapat  beberapa orang pemuda berdiri di depan gang tersebut, menjadi penunjuk jalan. Jika belum yakin kamu boleh bertanya dulu kepada mereka jika yakin ya terus saja. Kamu akan melewati banyak sekali perkampungan hingga nanti jalan tersebut akan tembus di sekitar daerah Goa Maria Kerep, Ambarawa. Kamu tinggal lanjutkan deh perjalanan pulangmu menuju Semarang, Solo ataupun Jogja dan sekitarnya. 

Rute ini juga berlaku jika kamu ingin menghindari macet di Bandungan apabila kamu datang di jam-jam rawan macet entah karena kesiangan atau memang belum paham medan. Kamu  cukup arahkan kendaraanmu saja ke arah Goa Maria Kerep, Ambarawa lalu susuri jalannya hingga sampailah di gang dekat SPBU Palbapang dekat Celosia. Semoga tips dari aku bermanfaat yah.


Harga Tiket Masuk Taman Bunga Celosia


Kamu tidak perlu resah, harga tiket di Taman Bunga Celosia ini sangatlah murah, tiket ini berlaku untuk Celosia 1-3. Kamu cukup membayar tiket sebesar Rp 20.000 untuk hari biasa dan Rp 25.000 untuk akhir pekan dan juga hari raya. Tenang saja Celosia hadir setiap hari untuk menemani kamu kok. Catat jam kunjungnya yaaah untuk Celosia 1 dan 2 mulai beroperasi dari jam 07.30 hingga pukul 17.30 sedangkan untuk Celosia 3 dibuka sejak pukul 07.30 sampai pukul 23.00. 

Jika datang kemari siapkan uang lebih yah untuk membeli makanan dan minuman yang dijual di dalam obyek. Jangan khawatir harganya sangat terjangkau kok dan dijamin higienis. Oh ya, jangan sampai membuang sampah sembarangan ya di lokasi ini. Sayang banget kan, taman bunga yang begitu indah harus dikotori dengan sampah oleh orang-orang primitif. Ada banyak loh tempat sampah yang disediakan, kenapa harus membuang sampah sembarangan? Apa kamu tidak mengalami fase peradaban? Oh ya hampir saja kelupaan jika kamu ingin menikmati kuliner lain, kuliner yang berbeda, kamu bisa mencoba menikmati seporsi sate kelinci dan juga Tahu SERASI khas Bandungan. Nah itu tadi gambaran umum mengenai Taman Bunga Celosia dari pengalaman yang sudah aku lewati beberapa waktu yang lalu.  Semoga berguna untuk kamu. Sampai jumpa di ceritaku yang lain yah, jangan lupa baca juga ceritaku tentang Ikon Baru Wisata Jawa Tengah.

Taman Bunga Celosia : Nuansa Eropa di Tanah Jawa


Taman Bunga Celosia : Nuansa Eropa di Tanah Jawa

Beberapa waktu yang lalu, aku dan keluarga menyambangi obyek wisata yang letaknya tepat di dekat gerbang utama sebelum masuk ke Kawasan Candi Gedong Songo. Berawal  dari rencanaku untuk  menemani Ibu berburu tanaman hias di Bandungan, kami malah berhenti di obyek wisata yang satu ini. Kata Ibu “ndak apa-apa to sekalian refreshing, kapan lagi bisa jalan-jalan begini” ucapnya dengan bahasa percampuran khas
orang Semarang. Aku hanya manggut-manggut saja, pokoknya Asal Ibu Senang. Sebenarnya ini bukan kali pertama bagi kami datang ke obyek ini, hanya saja karena pengelola taman bunga ini terus berinovasi dan menciptakan banyak ide-ide baru yang segar untuk terus menjadi yang terdepan, membuat kami secara tidak langsung harus menilik apa saja yah yang baru dari obyek yang tak pernah sepi di datangi pengunjung ini. Nah, oleh karenanya aku ingin berbagi informasi saat aku berkunjung ke Taman Bunga Celosia ini kepada kalian semua.Simak ya.


Konsep Taman Bunga Celosia


Taman bunga ini awalnya berkonsep memadukan antara taman bunga dan juga landmark  dunia seperti Menara Eiffel, Patung Merlion, Kincir Angin dan masih banyak lagi. Di awal pembukaannya taman bunga ini langsung ramai diserbu pengunjung, hal ini dikarenakan Taman Bunga Celosia dianggap memilki konsep yang instagram-able. Maklum saja semua orang di jaman sekarang senang berfoto dan mengunggahnya ke media sosial terlebih lagi di dukung dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi. Semua serba cepat, semua serba cekrek langsung upload. 

Melihat animo masyarakat yang besar mengenai taman bunga ini, tampaknya pengelola ingin berinovasi maka dibukalah Celosia 2 yang berkonsep sama namun  lebih banyak menghadirkan spot selfie. Bahkan terdapat satu instalasi yang berisi berbagai macam konsep dan desain yang pastinya ditujukan untuk semua pengemar foto diri, misalnya saja ada spot seperti rumah terbaik, mandi bola, lampu neon aesthetic, bahkan seolah berada di atas awanpun semuanya ada. Tidak perlu khawatir jika menemui spot foto yang sekiranya membuatmu bingung, karena di setiap spot-nya diberi petunjuk bagimana cara pengambilan foto yang benar untuk konsep tersebut. Celosia 2 ini bisa dibilang lebih luas dibandingkan Celosia yang pertama. Di Celosia 2 ini kamu juga bisa lho bergaya ala Oppa dan Eonnie Korea, karena di sini disewakan pula Hanbok atau baju tradisional Korea, kamu bisa berfoto layaknya sedang berada di Negeri Gingseng tersebut. Tidak hanya Little Korea tapi ada juga beberapa konsep negara lain yang bisa kamu coba kunjungi

Setelah sukses dengan dua taman bunga nya kini juga telah hadir Celosia 3. Bisa dibilang pengelola Celosia ingin menancapkan eksistensi sebagai taman bunga terbesar se-Jawa Tengah. Celosia 3 memilki konsep taman lampion dan juga konsep negara yaitu Little Amsterdam. Sama seperti di Celosia 2 dimana kamu bisa menyewa Hanbok, di Celosia 3 kamu juga bisa lho menyewa Klederdracht atau baju tradisonal Belanda lengkap dengan topi cantik dan keranjang bunga. Bahkan di malam hari kamu bisa menikmati Celosia Happy Night dimana kamu bisa merasakan suasana jalanan kota di negara – negara Eropa sambil ditemani lampu – lampu indah dan juga lampion. Indah sekali kan? Ditambah, hawa sejuk dan dingin Bandungan, sayang banget deh kalo sampe nggak kesini.



Lokasi Taman Bunga Celosia


Jika kamu ingin datang kemari ada baiknya kamu harus memperhatikan arahan ini yah terutama bagi kamu yang sama sekali belum pernah menjajakan kaki di Bandungan. Cukup andalakan GPS di smartphone kamu dijamin deh dengan mudah kamu akan langsung menemukan lokasi taman bunga yang super hits ini. 

Jika kamu melakukan perjalanan dari arah Semarang pilihlah arah jalan ke arah Jogja atau Solo,  terus saja ikuti jalan Provinsi hingga sampai di SPBU Lemah Abang maju sedikit untuk putar arah di depan kantor BPJS Ketenagakerjaan, turun sedikit lalu belok kiri ke gapura Lemah Abang dimana terdapat  tulisan besar yaitu “Selamat Datang Di Kawasan Wisata Candi Gedong Songo” dan juga terdapat baliho besar Candi Gedong Songo yang dapat memudahkan kamu menemukan lokasi gapura ini. Ikuti saja jalan tersebut hingga akhirnya kamu sampai di Pasar Bandungan. Dari Pasar Bandungan lurus sedikit lalu belok kanan, sampai di dekat Rumah Makan Rina Rini belok kiri, lurus saja sampai ada pertigaan setelah SPBU Palbapang Sumowono. Dari pertigaan SPBU tadi ambil arah kanan, tidak lama kamu  sudah sampai di Taman Bunga Celosia.

Apabila kamu berasal dari Temanggung atau Kendal dan memilih rute via Sumowono kamu cukup ikuti jalan seperti biasa hingga kamu tiba di SPBU Palbapang Sumowono. Segera ambil arah kiri menuju Taman Bunga Celosia yaaah.

Jika kamu berasal dari Jogja dan mengambil rute Ambarawa via kota. Sesampainya di depan Toko Roti Pauline Ambarawa segeralah ambil arah  kiri naik terus hingga pertigaan depan Kantor Camat Ambarawa. Ambil lagi arah kiri ikuti terus jalan tersebut hingga sampailah di Rumah Makan Rina Rini, lanjutkan perjalananmu dengan belok kiri, arah selanjutnya sama seperti mereka wisatawan yang berasal dari arah Semarang.

Perlu dijadikan catatan yah bahwa di akhir pekan atau di hari libur, perjalanan menuju obyek wisata ini sangat padat bahkan seringnya sih  macet total. Jadi jika kamu ingin kesana pastikan datang di hari dan waktu yang tepat. Jika memang harus datang saat akhir pekan atau hari libur pastikan kamu datang lebih awal. Karena jika meleset sedikit saja bisa bisa waktu kamu habis di jalan. Biasanya sekitar pukul 9 rute menuju beberapa obyek  wisata di Bandungan sudah mulai macet.

Tidak perlu khawatir jika kamu datang terlalu pagi, kamu bisa kulineran dulu di sekitar pasar Bandungan. Ada bubur yang unik banget yaitu Bubur Opak. Opak adalah sejenis camilan seperti kerupuk berasal dari singkong. Nanti Opak tersebut akan dijadikan alas buburnya bisa berfungsi sebagi piring sekaligus sendoknya juga lho. Buburnya dimakan dengan sayur, pecel dan juga gorengan. Waaah, enaknyaaa Gimana? Pengen kan? Makanya cobain yuk sini datang ke Bandungan, Kabupaten Semarang.

Untuk rute pulangnya kamu bisa menghindari macet dengan memilih jalur alternatif tapi dengan catatan kamu harus menempuh rute jauh yah, bisa dibilang kamu akan jadi “Si Bolang” hanya untuk terbebas dari kemacetan. Saat kamu akan pulang, jika posisimu berada di depan SPBU Palbapang Sumowono kamu terus saja, beberapa meter nanti akan ada sebuah gang di sebelah kanan jalan, dimana terdapat  beberapa orang pemuda berdiri di depan gang tersebut, menjadi penunjuk jalan. Jika belum yakin kamu boleh bertanya dulu kepada mereka jika yakin ya terus saja. Kamu akan melewati banyak sekali perkampungan hingga nanti jalan tersebut akan tembus di sekitar daerah Goa Maria Kerep, Ambarawa. Kamu tinggal lanjutkan deh perjalanan pulangmu menuju Semarang, Solo ataupun Jogja dan sekitarnya. 

Rute ini juga berlaku jika kamu ingin menghindari macet di Bandungan apabila kamu datang di jam-jam rawan macet entah karena kesiangan atau memang belum paham medan. Kamu  cukup arahkan kendaraanmu saja ke arah Goa Maria Kerep, Ambarawa lalu susuri jalannya hingga sampailah di gang dekat SPBU Palbapang dekat Celosia. Semoga tips dari aku bermanfaat yah.


Harga Tiket Masuk Taman Bunga Celosia


Kamu tidak perlu resah, harga tiket di Taman Bunga Celosia ini sangatlah murah, tiket ini berlaku untuk Celosia 1-3. Kamu cukup membayar tiket sebesar Rp 20.000 untuk hari biasa dan Rp 25.000 untuk akhir pekan dan juga hari raya. Tenang saja Celosia hadir setiap hari untuk menemani kamu kok. Catat jam kunjungnya yaaah untuk Celosia 1 dan 2 mulai beroperasi dari jam 07.30 hingga pukul 17.30 sedangkan untuk Celosia 3 dibuka sejak pukul 07.30 sampai pukul 23.00. 

Jika datang kemari siapkan uang lebih yah untuk membeli makanan dan minuman yang dijual di dalam obyek. Jangan khawatir harganya sangat terjangkau kok dan dijamin higienis. Oh ya, jangan sampai membuang sampah sembarangan ya di lokasi ini. Sayang banget kan, taman bunga yang begitu indah harus dikotori dengan sampah oleh orang-orang primitif. Ada banyak loh tempat sampah yang disediakan, kenapa harus membuang sampah sembarangan? Apa kamu tidak mengalami fase peradaban? Oh ya hampir saja kelupaan jika kamu ingin menikmati kuliner lain, kuliner yang berbeda, kamu bisa mencoba menikmati seporsi sate kelinci dan juga Tahu SERASI khas Bandungan. Nah itu tadi gambaran umum mengenai Taman Bunga Celosia dari pengalaman yang sudah aku lewati beberapa waktu yang lalu.  Semoga berguna untuk kamu. Sampai jumpa di ceritaku yang lain yah, jangan lupa baca juga ceritaku tentang Ikon Baru Wisata Jawa Tengah.

Ikuti Berita Terbaru Kami